Modem Seluler

2008, Penjualan Modem Seluler Naik 300%

VIVAnews - Angka penjualan modem seluler yang digunakan untuk menghubungkan laptop dan netbook ke internet mencapai 35 juta unit di tahun 2008. Sebagian besar di antaranya merupakan modem USB 3G.

“Setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan yang lambat, pasar modem seluler mulai menunjukkan tajinya,” kata Philip Solis, analis utama ABI Research, seperti VIVAnews kutip dari rilis resminya, 21 Februari 2009. “Kenaikan volume penjualan melampaui perkiraan,” ucapnya.

ABI Research sendiri memprediksikan, berdasarkan angka yang dicapai di tahun 2008, tahun ini penjualan akan naik lebih dari dua kali lipat.

Pertumbuhan yang pesat ini didorong oleh bundling yang dilakukan operator seluler yang menjual modem USB bersama dengan netbook pada harga yang menarik setelah disubsidi dengan layanan seluler mereka. Selain modem USB, sekitar 3,5 juta modem juga dijual secara terintegrasi pada komputer, khususnya notebook ataupun netbook. 

Qualcomm dan Ericsson telah membidik pasar modem terintegrasi, memposisikan produk mereka secara head to head. Operator, khususnya di kawasan Eropa Barat juga memberikan subsidi terhadap modem USB. Mereka juga menawarkan paket data premium yang dibundel dengan netbook ataupun laptop yang memiliki modem terintegrasi secara “gratis”.

Meski penjualan modem seluler sangat menggembirakan, analis juga menyatakan bahwa resesi global akan memiliki dampak negatif pada penjualan modem.

“Sejalan dengan kondisi ekonomi yang menghasilkan penurunan penjualan laptop, ABI Research juga menurunkan prediksi mengenai pasar modem seluler secara keseluruhan di tahun 2009,” kata Solis. “Meski begitu, rata-rata penjualan akan terus naik walau dalam kecepatan yang lebih rendah karena ini merupakan pasar yang masih sangat terbuka dan karena subsidi dan insentif lainnya yang ditawarkan oleh operator mobile,” ucap Solis.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024