40 Anggota KPUD Bali Dilantik

VIVAnews-Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Bali I Ketut Sukawati Lanang Perbawa melantik 40 anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten/kota se-Bali di Kantor KPUD Bali, Kamis 16 Oktober 2008.

Dari 9 kabupaten se-Bali, para anggota KPUD yang bekerja periode 2008-2013 mendatang ini hanya dari kabupaten Klungkung belum dilakukan pemilihan. Hal ini lantaran masih menunggu hingga berakhirnya pemilihan bupati yang akan digelar 24 Oktober mendatang.

Sementara dari 40 anggota KPUD terpilih, terdapat 16 wajah lama yang terpilih kembali. Jumlah anggota dari kalangan perempuan hanya 9 sembilan.

Ketua KPUD Bali Lanang berharap agar anggota KPUD yang baru dapat bekerja lebih semangat lagi dalam menghadapi Pemilu 2009. “Anggota baru sudah tak ada waktu lagi untuk menyesuaikan diri, mengingat tugas dan tanggung jawab sudah di depan mata,” paparnya.

Dia juga mengingatkan agar dalam bertugas selalu berpedoman pada asas kerja penyelenggaraan pemilu, yakni mandiri, jujur, adil, kepastian hokum, tertib,
kepentingan umum, profesionalitas, dan akuntabilitas.

Pengamat politik Tjokorda Gede Atmadja usai pelantikan menegaskan pentingnya peran anggota KPU dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2009 mendatang. Pasalnya, ada banyak sistem pemilihan baru yang perlu betul-betul disosialisasikan ke masyarakat.

"Sistem yang baru bukan lagi nyoblos, tapi nyontreng. Ini perlu disosialisasikan dan tentunya membutuhkan dana besar,” tegasnya.

Tugas berat lainnya, terang Rektor Universitas Ngurah Rai ini mengambil peran menurunkan angka golput. “Kesadaran untuk memilih harus dibangun di masyarakat,” tuntasnya.* wima saraswati/Bali.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies
Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024