217 Ribu TKI di Malaysia Bakal Diputihkan

VIVAnews - Kunjungan kerja Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno akan mengupayakan proses pemutihan 217 ribu TKI yang bekerja di Malaysia. Upaya itu akan dilakukannya dalam pada kunjungan 23-27 Februari 2009.

 "Saya akan bertemu Ketua Menteri Sabah untuk membicarakan itu," kata Erman dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Minggu 22 Februari 2009 malam.

Erman menjelaskan proses pemutihan akan diberikan pada TKI yang tidak terdokumentasi (undocumented). "Saya pastikan TKI yang diputihkan tidak akan dipulangkan ke tanah air," katanya.

Untuk mengurangi TKI yang tidak terdokumentasi tersebut, Erman juga akan menutup pintu-pintu liar di perbatasan. "Selama ini, TKI masuk secara ilegal melalui pintu masuk itu," katanya.

Selepas dari Malaysia, Erman akan melakukan lawatan ke Nunukan dan Simanggis, Kalimantan Timur. Kunjungan ke Nunukan dilakukan untuk meninjau fasilitas embarkasi dan debarkasi. "Dengan koordinasi bersama Gubernur Kaltim dan Bupati Nunukan, akan disediakan fasilitas penampungan, kesehatan atau klinik, akomodasi dan konsumsi dalam sistem pelayanan satu atap," kata Erman.

Selain itu, kata Erman, di daerah tersebut pemerintah akan membuka fasilitas pelatihan bagi TKI yang ingin beralih profesi dan bekerja di Indonesia.

Sedangkan lawatan ke Simanggis Kalimantan Timur dimanfaatkan Erman untuk meninjau lokasi transmigrasi di daerah perbatasan. "Lokasi tersebut terbukti telah berhasil meningkatkan kesejahteraan transmigran dan penduduk lokal," kata Erman.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya
OIKN saat diskusi pengembangan ekosistem start up

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024