Dugaan Korupsi Departemen Kesehatan

KPK Periksa Rekanan Alat Rontgen

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa empat rekanan pengadaan alat rontgen di Departemen Kesehatan. Mereka diperiksa sebagai saksi dari tersangka Kepala Biro Perencanaan Departemen Kesehatan, Mardiono.

Empat saksi itu adalah Singgih Wibisono dan Sutjadi O Saputra dari PT Bhinneka Usaha Raya, serta Sugihadi dan Sudibyo Wahyuwidodo dari PT Medtek. "Mereka dipanggil sebagai saksi," kata juru bicara KPK Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Senin 23 Februari 2009.

Komisi Pemberantasan Korupsi saat ini tengah mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan alat rontgen di Departemen Kesehatan pada 2007. Pengadaan senilai Rp 15,7 miliar ini diduga merugikan negara Rp 4,8 miliar.

Dalam kasus ini, komisi antikorupsi sudah menetapkan pimpinan proyek, Mardiono, sebagai tersangka. Kepala Biro Perencanaan Departemen Kesehatan itu diduga telah menggelembungkan harga dan alat rontgen untuk puskesmas di daerah tertinggal itu tidak disalurkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Penindakan KPK Bibit Samad Riyanto, menyatakan penyidikan kasus pengadaan alat rontgen itu seharusnya diketahui Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari. Komisi pun mencari keterangan dari sejumlah pegawai departemen untuk mencari apakah pengadaan ini juga melibatkan Menteri Kesehatan.

Selain pengadaan rontgen, KPK juga mengusut pengadaan alat kesehatan pada 2005. Kasus itu masih dalam tahap penyelidikan.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka
Chicco Jerikho

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

Sempat mengalami sesak nafas, hingga tak bisa sadarkan diri. Chicco Jerikho mengaku saat itu sudah seperti berada di ambang kematian.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024