YouTube Lumpuhkan Layanan Unduhan Partikelir

VIVAnews -- Diam-diam situs video YouTube telah memblokir beberapa jasa pengunduhan video YouTube lewat pihak ketiga.

Selama ini, walau YouTube tak pernah menyediakan fitur pengunduhan konten-kontennya kepada para pengunjung, pengguna internet bisa menikmati konten YouTube secara offline, dengan mengunduhnya melalui jasa pihak ketiga.

Jasa pihak ketiga, seperti tool yang disediakan situs teknologi TechCrunch, ternyata sudah tak lagi dapat mengunduh video YouTUbe, sejak dua pekan lalu.

Tak hanya itu, para penyedia layanan serupa, seperti Ripzor.com, Vixy.net, Ripmyvideos.com, VideoDownloader, Ripvideo.net, Savevideodowwnload.com, Kickyoutuber.com, atau Keepvid.com, juga sudah tak berdaya mengunggah konten-konten video YouTube.

Bahkan script khusus Greasemonkey untuk para pengguna browser Mozilla, juga lumpuh saat hendak mengunduh YouTube.

Langkah pemblokiran YouTube dilakukan, tak lama setelah situs video milik Google itu mengumumkan untuk melakukan pengujian penyediaan fitur pengunduhan berbayarnya.

Artinya, YouTube memang hendak mencari penghasilan tambahan selain dari iklan, dengan cara memperbolehkan pihak pengunggah menjual konten-konten video mereka, yang hendak diunduh oleh para pengunjung YouTube.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Mononton YouTube melalui RealPlayer


Kemungkinan besar, pemblokiran YouTube dilakukan dengan mengubah infrastruktur situs mereka dan mengganti kode-kode situs mereka. Kendati demikian, ada juga layanan lain seperti RealPlayer, yang masih bisa digunakan untuk mengunduh video youTube secara mulus.

Lagipula, situs-situs yang layanannya diblokir YouTube, sudah pasti akan terus mencari cara lain agar mereka bisa kembali bisa mengunduh YoTube. Di lain sisi, YouTube memang telah melarang pengunduhan atau penggandaan kontennya dalam klausul syarat pelayanannya di bagian kelima.

Di situ, YouTube membolehkan pengguna mengakses semua informasi video, hanya untuk keperluan pribadi, lewat situs YouTube saja. Mereka juga melarang siapapun menggandakan konten di dalam YouTube, kecuali YouTube sendiri yang menyediakan layanan pengunduhan konten tersebut.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab
Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024