Simulasi Pemilu di Subang

Sistem Contreng Memakan Waktu Lama

VIVAnews - Proses pemilihan umum kali ini, diperkirakan akan memakan waktu bagi pemilih saat akan menyontreng. Dari hasil simulasi pencontrengan yang dilakukan KPUD Subang, hari ini, Senin, 23 Februari 2009 memakan waktu sekitar 4-5 menit.

Ketua KPUD Subang, Kaka Suminta, mengatakan dilapangan kemungkinan besar akan memakan waktu lebih dari lima menit. "Dari hasil simulasi yang kita gelar, dengan sasaran masyarakat berpendidikan S1 dan Pemilih pemula, mereka memerlukan waktu 4-5 menit," ujar Kaka Sumita. "Yang jadi persoalan masyarakat yang secara pendidikan minim, akan memakan waktu lebih lama," 

Selain itu, diakui Kaka, lebarnya surat suara, menjadi salah satu alasan pemilih mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan. Namun demikian, lajut Kaka, pihaknya merasa optimiskesulitan tersebut dapat diminimalisir. "Kami akan terus lakukan sosialisasi, terutama masyarakat yang kesulitan, dengan pendidikan rendah," tuturnya.

Sementara itu, dalam simulasi pencontrengan yang melibatkan maysarakat dengan pendidikan tinggi, Kaka menilai masyarakat tidak mengalami kesulitan. "100 persen termasuk berhasil, karena tidak kita temukan kendala dan masalah (dalam hal melakukan pencontrengan," paparnya.

Laporan: Inin Nastain | Subang

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara buka puasa bersama Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Pasangan capres-cawapres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama Partai Golkar

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024