Dana Risiko Fiskal Turun Jadi Rp 4 Triliun

VIVAnews - Dana cadangan risiko fiskal APBN 2009 hanya Rp 4,1 triliun. Jumlah ini turun 73 persen dari usulan semula sebesar Rp 15,8 triliun.

Penurunan sebesar ini, menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Anggito Abimanyu karena adanya perubahan asumsi ekonomi makro 2009, serta adanya penurunan penerimaan perpajakan.

"Ini kan usulan, kami lihat nanti, ini serba potensi," ujar Anggito di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Senin, 23 Februari 2009.

Dia menjelaskan penurunan cadangan risiko fiskal dilakukan karena sebagian digunakan untuk menutup defisit anggaran. Dana ini memang dipersiapkan pemerintah untuk dipakai jika ada asumsi meleset.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, di APBN 2009 memang ada perubahan asumsi makro ekonomi yang secara keseluruhan mengubah belanja negara. Namun, meski berubah secara keseluruhan, untuk alokasi anggaran belanja Kementrian/Lembaga dan Pendidikan tidak berubah. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan dan program dapat tetap terlaksana dan memberikan stimulus ekonomi ke masyarakat serta ekonomi.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024