Pemerintah Hentikan Subsidi Kedelai

VIVAnews - Pemerintah akan menghentikan penyaluran subsidi kedelai pada 2009 mendatang. Produksi kedelai dalam negeri telah meningkat, sehingga subsidi tidak diperlukan lagi.

Namun, pemerintah masih akan mengkaji dan mempertimbangan berbagai kondisi yang terjadi dalam mengambil keputusan ini. Demikian disampaikan oleh Menteri Perindustrian Fahmi Idris, di Jakarta, Kamis 16 Oktober 2008.

Pemerintah juga menilai penyerapan dana subsidi atas kedelai sangat rendah karena masalah alokasi ke daerah yang tidak sesuai dengan kebutuhan setempat. "Misalnya darah A diberi subsidi Rp 10 miliar, ternyata kebutuhannya hanya Rp 5 miliar," ujar Fahmi.

Sekadar diketahui, sejak April 2008 pemerintah menyalurkan dana subsidi kedelai sebesar Rp 500 miliar. Dana itu diberikan kepada pengrajin tempe dan tahu akibat lonjakan harga kedelai yang sangat tinggi, mencapai Rp 7 ribu per kilogram. Guna menstabilkan harga, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp1.000 per kilogram.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

KPU RI menilai gugatan kubu Ganjar-Mahfud yang menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan Presiden RI Jokowi salah sasaran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024