Prediksi

Industri Chip Pulih Tiga Tahun Lagi

VIVAnews -- Lesunya industri chip akibat imbas krisis finansial global, agaknya belum akan pulih dalam waktu dekat.

Menurut Morris Chang, Chairman Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), industri chip kemungkinan baru bisa pulih dalam 3 tahun ke depan.

"Saya pikir, baru pada tahun 2012, pendapatan total dari industri semikonduktor kembali mencapai level yang sama di tahun 2008," ujar Chang, seperti dikutip dari Wall Street Journal Online.

Chang mengatakan bahwa resesi ekonomi global telah memukul industri chip begitu telak, sehingga hampir mencapai titik paling bawah.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

"Kami mendapatkan penurunan yang curam, dengan tingkat pemulihan yang berjalan begitu lambat."

TSMC adalah pembuat chip sub-kontrak terbesar di dunia, yang didirikan oleh Chang sejak 1987.

Belum lama ini TSMC mengumumkan penurunan keuntungan sebesar 64 persen di kuartal empat 2008, dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan TSMC juga mengalami kemerosotan sebesar 31 persen.

Chang yang sudah bekerja di industri semikonduktor selama 50 tahun itu, memperkirakan berlanjutnya penurunan kinerja perusahaan-perusahaan semikonduktor lainnya.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Ia memandang, hanya Samsung Electronics dan Intel yang masih berada di posisi yang aman.

Selebihnya, menurut Chang akan melepaskan operasional pabrik semikonduktor mereka kepada perusahaan semacam TSMC, yang memang berkonsentrasi untuk membuat produk-produk semikonduktor, berdasarkan pemesanan vendor lain.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024