Sang 'Anak Menteng' Dinanti di Indonesia

VIVAnews - Selama kunjungan ke Indonesia pada 18 sampai 19 Februari 2009, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton kerap ditodong pertanyaan, kapan Presiden Obama datang ke Indonesia?

Antusiasme masyarakat Indonesia menyambut Obama jadi sorotan negara lain. Laman berita Australia, The Australian menyebut Obama sebagai orang yang paling dinanti oleh masyarakat Indonesia. Maklum, Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di daerah Menteng Bawah, Jakarta.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan, Dino Patti Djalaj undangan resmi kepada Obama bahkan telah disampaikan langsung oleh Presiden Yudhoyono ketika ditelepon Obama, 12 November 2008 lalu, di sela pertemuan negara G-20 di Amerika Serikat. Dialog itu dilakukan untuk pertama kali sejak Obama terpilih menjadi presiden.

Kemungkinan besar, Obama akan datang ke Indonesia pada November atau Desember 2009, bertepatan dengan pelaksanaan forum APEC di Singapura, November 2009. Akhir tahun 2009, adalah waktu yang sangat memungkinkan bagi Obama berkunjung ke Indonesia. Saat itu, pemilu sudah tuntas.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Kami yakin Obama akan disambut dengan hangat oleh masyarakat Indonesia. Bagaimanapun dia adalah 'Anak Menteng," kata Dino seperti dikutip laman The Australian, Selasa 24 Februari 2009.

Dalam pertemuannya dengan Hillary Clinton, Kamis 19 Februari 2009, Presiden Yudhoyono meminta Hillary Clinton mengingatkan Obama, untuk berkunjung ke Indonesia.

Yudhoyono berharap Obama berkenan mengunjungi Indonesia, salah satu negara yang menjadi kenangan masa kecilnya. "Tentunya, kedatangan Obama akan disambut masyarakat Indonesia. Untuk kepastiannya, kami berharap tahun ini bisa terlaksana," kata Dino pada wartawan di Istana Negara.

Saat berkunjung ke Departemen Luar Negeri (Deplu)) AS dan menemui para staf Deplu di Washington DC, Kamis 22 Januari 2009. Obama sempat berbincang dengan staf Deplu, Charles Silver dengan bahasa Indonesia. Obama mengaku ingin ke daerah dimana dia pernah tinggal, Menteng Dalam. "Saya pernah di Menteng. Menteng itu wilayah kaya. Saya dulu tinggal di Menteng Dalam, yang artinya Menteng bagian bawah," kata Obama.

Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024