Pemerintah Waspadai Tindak Kriminal Ekonomi

VIVAnews - Pemerintah akan mewaspadai kegiatan-kegiatan yang mengarah pada tindak kriminal ekonomi. Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai dalam situasi krisis seperti saat ini tidak mustahil kejahatan di bidang ekonomi bermunculan.

"Jadi bukan hal yang tidak mungkin muncul suatu tindak kejahatan di sektor keuangan. Oleh karena itu baik lembaga keuangan yang sehat maupun tidak sehat akan dipantau oleh Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Senin 23 Februari 2009 malam.

Dia menyontohkan dua kejahatan ekonomi di Amerika Serikat yang membuat kondisi ekonomi negara adidaya itu kacau balau. "Kami akan terus pantau dengan Bank Indonesia agar hal-hal seperti ini tidak terjadi. Langkah ini dilakukan untuk mencegah agar dampak sistemik akibat krisis bisa dihindari di Indonesia," katanya.

Menkeu mengatakan pada kondisi krisis, baik bank maupun non bank, semua bisa terkondisikan. Pasalnya masalah ekonomi tidak bisa berdiri sendiri.  Misalnya ketika sebuah perusahaan yang semula sehat, karena terkena dampak krisis bisa saja menyebabkan bank yang tadinya sehat menjadi tidak sehat.

"Misal perusahaan itu kesulitan cash flow lalu harus mengatur keuangan dengan si bank. Itu akan muncul di bank sebagai risiko pinjaman yang meningkat," ujarnya. Risiko-risiko seperti inilah, lanjut Menkeu, yang diawasi oleh Pemeritah dengan BI.

Selain itu produk derivatif juga disebut sebagai salah satu produk yang ikut diawasi ketat. Produk ini ikut diawasi karena ada dugaan menyumbang pada tekanan nilai tukar.

Kondisi krisis diakui adalah masa yang sensitif. Menurut Menkeu ,pada kasus di AS, pada kondisi normal, kriminal ekonomi ini tidak terlihat. "Itu karena ekonominya tinggi pada saat normal, sekarang pada kondisi tertekan itu menjadi kelihatan. Bukan tidak mungkin tindakan yang buruk ini juga bisa terjadi di Indonesia," ujarnya.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024