Obama Tunjuk Locke Jadi Menteri Perdagangan

VIVAnews - Presiden Barack Obama kemungkinan besar menunjuk mantan gubernur negara Washington, Gary Locke, sebagai menteri perdagangan. Demikian ungkap beberapa pejabat senior pemerintahan Obama kepada stasiun televisi FOX News, Senin 23 Februari 2009.

Prediksi tersebut muncul setelah dua pilihan Obama untuk posisi menteri perdagangan mundur di tengah jalan. Politisi senior dari Partai Republik, Judd Gregg, mundur kurang dari dua pekan lalu karena merasa tak sejalan dengan kebijakan ekonomi Obama.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Sebelumnya, Gubernur New Mexico, Bill Richardson, mundur karena terseret dalam suatu penyelidikan hukum atas sebuah perusahaan pemenang proyek tender, yang pernah membiayai kegiatan politiknya.

Locke, anggota Partai Demokrat, menjabat sebagai gubernur Washington dari tahun 1997 hingga 2005. Saat itu, dia adalah gubernur keturunan China-Amerika pertama di AS. Sejak berhenti dari tugas, Locke bekerja di firma hukum Davis Wright Tremaine di Seattle.

Politisi berusia 59 tahun ini aktif dalam isu-isu yang melibatkan China, energi, dan hubungan antarpemerintah. Dia yakin bahwa perjanjian global adalah salah satu cara untuk meningkatkan catatan hak asasi manusia di China dan sebagai cara untuk mengatasi pembajakan hak kekayaan intelektual.

Locke lahir dari keluarga imigran dan sempat tinggal di lokasi perumahan umum di Seattle hingga berumur enam tahun. Dia kuliah di Yale University dengan uang beasiswa dan bantuan dana.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Locke juga menyelesaikan studi di Boston University Law School. Pencapaian Locke sebagai gubernur antara lain mengurangi pajak, meningkatkan sarana transportasi, dan merombak anggaran.

Locke menikah dengan Mona Lee Locke, mantan pembaca berita televisi yang kini menjabat sebagai direktur eksekutif afiliasi organisasi penelitian kanker payudara Susan G. Komen Foundation. Mereka dikaruniai tiga anak.

Obama sangat ingin agar nominasi kali ketiga untuk mencari pemimpin departemen perdagangan ini, bebas dari skenario. Kepala departemen perdagangan haruslah mereka yang bisa bertanggung jawab dan memahami kebijakan kelautan dan banyak aspek dalam perdagangan internasional.

Namun dalam pemerintahan Obama, terhambatnya pemilihan menteri perdagangan menjadi masalah pokok karena dibarengi masalah-masalah di Kabinet. Obama juga masih belum memiliki Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat. Mantan pemimpin Demokrat di Senat, Tom Daschle, menarik diri dari nominasi karena kontrovesi soal pajak.

Mundurnya Gregg juga menambah kesulitan Obama untuk menjangkau dukungan Partai Republik. Gregg seharusnya bisa menjadi salah seorang dari tiga tokoh Republik yang ditugaskan Obama di Kabinet untuk memenuhi janji kampanye bahwa Kabinetnya akan bernuansa bipartisan. (AP)

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024