Penembakan Kapal di Vladivostok, Rusia

Kapten Kapal Dijaga Ketat di Rumah Sakit

VIVAnews - Kapten Kapal New Star berbendera Sierra Leone, yang juga warga Indonesia, saat ini masih diperiksa petugas keamanan sambil menjalani perawatan di rumah sakit. Kapten dari kapal nahas yang ditembaki Rusia itu pun mendapatkan penjagaan khusus dari petugas keamanan setempat.

"Kapten kapal Mazwir Adi masih dirawat di Rumah Sakit Umum Vodniki Nakhodka karena diabetes. Keberadaan dia di bawah penjagaan aparat keamanan setempat," kata Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaluddin kepada Wens Manggut dari VIVAnews melalui surat elektronik, Selasa, 24 Februari 2009.

Rencananya, dua pejabat Kedutaan Besar RI akan menemui kapten kapal asal Padang, Sumatera Barat itu di rumah sakit. Penjagaan dilakukan karena petugas sedang mengumpulkan informasi penyebab kaburnya kapal yang dimiliki pengusaha asal China. Kaburnya kapal itu berakhir dengan penembakan oleh armada kapal Rusia. 

Selama pemeriksaan, warga Indonesia yang baru menjadi kapten kapal sejak 2 Januari itu diperiksa pejabat setempat termasuk dari kejaksaan. "ABK (anak buah kapal) didampingi seorang pengacara," ujar mantan Menteri Hukum dan HAM ini. Menurut Hamid, selama pemeriksaan, Mazwir Adi tak banyak berbicara menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Kapten kapal itu hanya menjawab pertanyaan petugas dengan cara menulis pada kertas dalam bahasa Indonesia. "Dan diterjemahkan oleh Valeria Ivashenko ke bahasa Rusia," ujar Hamid.

Pada 12 Februari lalu, kapal pengangkut hampir lima ribu ton beras itu tenggelam setelah ditembaki kapal Rusia di perairan dekat lepas pantai Vladivostok. Kru kapal terdiri atas warga China dan enam warga Indonesia.

Kementrian Luar Negeri China telah memprotes keras aksi penembakan itu dan menuntuk penyelidikan menyeluruh. Namun, Rusia mengatakan bahwa kapten kapal- yang berasal dari Indonesia, merupakan pihak yang bertanggung jawab karena berlayar melintasi perbatasan.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024