Penembakan Kapal di Vladivostok, Rusia

Kapten Kapal Dipaksa Kabur Tinggalkan Rusia

VIVAnews -  Kapten kapal New Star berbendera Sierra Leone asal Padang, Sumatera Barat, mengaku dipaksa pemilik kapal untuk kabur dari pelabuhan. Akibatnya, kapal yang mengangkut hampir lima ribu ton beras itu ditembaki patroli laut Rusia.

"Nyonya Chen (pemilik kapal) memberikan perintah untuk pergi dari pelabuhan diam-diam (kabur) dari pelabuhan Nakhodka," kata Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaluddin kepada Wens Manggut dari VIVAnews melalui surat elektronik, Selasa, 24 Februari 2009.

Perintah itu disampaikan Chen melalui keponakannya yang ikut dalam kapal nahas itu. Perintah itu diterima kapten kapal, Mazwir Adi, melalui faksimili dan surat elektronik. Chen juga langsung menelepon Adi dari China (sebelumnya Hong Kong). Keponakan Chen, Ma Bin, yang menjadi salah satu awak kapal, juga terus memaksa Adi Mazwir.

"Ma Bin menekan terus kapten kapal untuk menjalankan kapal hingga mengancamnya dan hampir terjadi perkelahian masal," cerita Hamid. Sebelum bentrokan fisik terjadi, akhirnya terjadi kesepakatan.

Mazwir Adi membuat surat pernyataan untuk ditandatangani Ma Bin agar bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi sebagai akibat dari meninggalkan pelabuhan. "Surat pernyataan itu ditandatangani Ma Bin dan berhasil dipegang oleh Fakhruddin Fahmi (awak kapal asal Indonesia). Surat itu saat ini berada pada petugas pemeriksa," tegas Hamid.

Pada 12 Februari lalu, sebuah kapal yang mengangkut 4.991 ton beras tenggelam setelah ditembaki kapal Rusia di perairan dekat lepas pantai Vladivostok. Kru kapal terdiri atas warga China dan enam warga Indonesia.

Kementrian Luar Negeri China telah memprotes keras aksi penembakan itu dan menuntuk penyelidikan menyeluruh. Namun, Rusia mengatakan bahwa kapten kapal- yang berasal dari Indonesia, merupakan pihak yang bertanggung jawab karena berlayar melintasi perbatasan.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah
Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024