Rupiah Oleng Lagi, Stop di 11.925/US$

VIVAnews - Penguatan rupiah yang terjadi Senin kemarin, tidak berlanjut hari ini. Rupiah kembali limbung dan menepi di level Rp 11.920-an/US$.

Pada indeks mata uang Bloomberg pukul 16.35 WIB, Selasa 24 Februari 2009, rupiah bertengger di level 11.925/US$, melemah 20 poin dibandingkan posisi sebelumnya di 11.905/US$. Di pasar spot antarbank Jakarta, rupiah sempat berada di posisi 12.050/US$. Sedangkan data kurs tengah Bank Indonesia, rupiah bertengger di 11.938/US$.

Rupiah mengalami tekanan karena karena pelaku melepas dolar miliknya untuk mencari untung setelah mengalami kenaikan yang cukup tajam tadi pagi. Namun Bank Indonesia terus menjaga pasar sehingga rupiah tidak melemah semakin jauh.

Dalam penjelasan tertulisnya kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan ketidakpastian nilai dolar AS yang terus berfluktuasi masih akanĀ  membayangi nilai tukar rupiah dan mata uang di seluruh dunia hingga tahun 2010.

Menurut Menkeu, kondisi krisis keuangan dan ekonomi di Amerika Serikat masih belum membaik, sehingga mengakibatkan kondisi fiskalnya akan mengalami beban utang akibat biaya penanganan krisis yang sangat besar, serta merosotnya kondisi industri manufaktur yang menyebabkan neraca perdagangan Amerika mengalami defisit.

"Maka nilai keseimbangan dolar Amerika terhadap mata uang dunia masih akan bergerak dan secara teoritis seharusnya venderung menjadi lebih lemah. Ketidakpastian ini masih akan membayangi nilai tukar rupiah dan mata uang di seluruh dunia hingga 2010," kata Menkeu.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024