Cara Merancang Website Bisnis yang Menarik

Manfaat Website Untuk Bisnis Pada Era Industri 4.0
Sumber :
  • vstory

VIVAnews - Sudahkah anda memiliki website bisnis internet? Bagaimana membuat website bisnis yang memikat pengunjung.

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Kebanyakan orang yang baru melibatkan diri di bidang bisnis di internet, mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk membangun website bisnis pertama. Seringkali mereka akan berusaha untuk membangun website yang cantik, penuh grafik, gambar animasi, gambar-gambar menarik, huruf-huruf yang beraneka rupa dan warna dan lain-lainnya.

Namun, banyak pula keluhan di beberapa situs forum diskusi dari pelaku bisnis online yang mengeluhkan website mereka yang tak kunjung mendatangkan hasil (uang) untuk mereka. Bahkan, website mereka tidak mendatangkan hasil?

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Seorang blogger dari Padang yang cukup aktif di bisnis internet, Mick Donald, menemukan sejumlah masalah yang dihadapi para pemilik website seperti disebutkan dalam blognya. Berikut ini beberapa masalah yang sering muncul:

1) Terdapat link-link grafik yang tidak berfungsi. Bila diklik, tidak me-link ke halaman apapun. Ada juga web yang harus melalui beberapa lapis link untuk menuju ke halaman lainnya.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

2) Navigasi halaman terlalu rumit sehingga membingungkan pengunjung.

3) Halaman depan website tidak menjelaskan topik utama dari website. Jika menjual produk, tidak jelas produk atau jasa apa yang dijual. Yang disajikan hanya gambar-gambar cantik, tapi tidak membuat pengunjung mengerti. Gambarnya lebih banyak dari pada sales copy.

4) Masalah yang paling besar, website tersebut memakan waktu yang sangat lama untuk loading. Setiap berpindah halaman, pengunjung harus menunggu lama agar halaman web bisa ditampilkan secara sempurna.

Mick Donald memberikan contoh, Marcus Friend dari www.plentyoffish.com. Dia memiliki sebuah website tentang “dating” yang sangat sukses. Namun jika berkunjung ke websitenya, anda akan melihat website yang tampak biasa-biasa saja. Tidak ada grafik yang canggih. Mungkin anda akan menilai website tersebut sebuah website yang jelek. Tapi kenyataannya Markus memperoleh puluhan ribu dolar per bulan hanya dari Google AdSense saja.

Salah satu website Corey Rudl (pendiri marketingtips.com), yaitu www.CarSecrets.com, terlihat simpel tetapi mendatangkan puluhan ribu dolar sebulan melalui penjualan ebook “Car Secrets” tanpa memerlukan disain website yang dahsyat.

Mungkin anda pernah melihat website para guru bisnis online seperti Mike Filsaime, Brad Callen, Ken Evoy, Ewen Chia, Rosalind Gardner dan Perry Marshal? Semuanya simpel saja. Tetapi pesan yang disampaikan sangat jelas dan navigasinya tidak membingungkan.

Lalu, apa rahasia website-website “jelek” tersebut?

Ciri utama situs web yang sukses adalah memiliki trafik tinggi yang relevan.

Lalu apa kaitannya website cantik/jelek dengan trafik?

Internet, selain dianggap sebagai jaringan komunikasi, ia juga merupakan makanan para “robot” dari search engine. Robot search engine atau juga dikenal dengan “spider”, senantiasa mencari “makanan” berupa data-data baru dari internet. Data-data baru tersebut bisa dalam bentuk website baru, blog, forum online yang diupdate dan apa saja yang online di internet.

Spider search engine akan terus berkeliling dunia online untuk mencari data-data baru dan bila ditemukan, ia akan pulang ke search engine (contohnya Google, Yahoo, MSN, dsb) dan memberitahu search engine tentang data yang dia jumpai.

Ciri-ciri website penjualan yang baik adalah:

1) Cepat untuk di loading
2) Mempunyai topik yang spesifik.
3) Navigasi yang jelas
4) Memberikan informasi yang berguna dan unik
5) Memberi informasi yang jelas tentang produk atau layanan anda.
6) Mempunyai proses penjualan dan pembayaran yang mudah.
7) Jujur, jangan menipu pembeli.

Website yang cantik, kapan harus digunakan?
Yaitu jika anda seorang disainer dan ingin memperlihatkan hasil karya anda.

Lebih detailnya, silahkan tengok di blog Mick Donald

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya