Lawatan Menakertrans ke Kalimantan Timur

218 Mantan TKI Malaysia Ikut Transmigrasi

VIVAnews - Sebanyak 218 kepala keluarga (KK) mantan TKI di Malaysia mengikuti program transmigrasi kwasan perbatasan di Nunukan, Kalimantan Timur.

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BNI ke Penjara

Demikian dikatakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno saat meninjau lokasi transmigrasi Simanggiris Kabupaten Nunukan Kaltim pada hari ini, 25 Februari 2009. Simanggiris merupakan lokasi transmigrasi yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Hingga saat ini, Simanggiris dihuni 620 KK yang sebagian besar berasal dari NTB dan NTT. "Dari jumlah itu, 218 KK merupakan mantan TKI asal Tawau, Malaysia," kata Erman seperti dikutip dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Rabu malam, 25 Februari 2009. Penduduk Simanggiris mengandalkan sektor perkebunan sawit untuk hidup.

"Kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar yang dimiliki Indonesia harus tetap kita jaga kedaulatannya agar tidak diincar dan diklaim negara lain," ujarnya.

Erman mengatakan, salah satu solusi menampung TKI asal Malaysia yang terkena PHK akibat resesi ekonomi global adalah dengan cara menempatkan mereka di lokasi-lokasi transmigrasi di kawasan perbatasan seperti Simanggiris.

"Pemerintah akan menyediakan pelatihan untuk alih profesi sehingga mereka tidak perlu pulang ke kampung halamannya," tutur dia.

Kemenag

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Kemenag melalui Direktorat Guru dan Madrasah Ditjen Pendis meluncurkan program PAUD HI untuk mencegah stunting sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024