Festival Film Cannes

Clint Eastwood Raih Penghargaan Tertinggi

VIVAnews - Clint Eastwood dapat penghargaan tertinggi Film Festival Cannes. Penghargaan diterima aktor dan sutradara gaek itu Rabu 25 Februari, waktu Prancis.

Festival film bergengsi itu baru akan digelar di kota Riviera, Prancis tiga bulan lagi. Namun Gilles Jacob, Presiden Festival Cannes telah menyerahkan Palme d'Or pada Eastwood.

Golden Palm diserahkan dalam upacara sederhana di restoran Paris, Le Fouquet. Kehormatan bergengsi Festival Cannes diberikan untuk 'seorang maestro berbakat dengan keahlian tertinggi', demikian kalimat itu dibacakan sebelum aktor kelahiran San Franciso itu naik panggung.

Jacob meneruskan, "Ini adalah pengakuan untuk idola saya dan seorang yang selama seperempat abad tak berhenti berkarya," katanya seperti VIVAnews kutip dari Associated Press, Kamis 26 Februari 2009.

Sutradara dan pemain 'Million Dollar Baby' itu menanggapi, "Saya sungguh tersanjung". Aktor yang tercatat membintangi 66 judul film itu bilang, saat debutnya dimulai 1970, sineas Prancis menyemangatinya agar terus maju. Sementara, orang-orang di negerinya sendiri jauh lebih segan.

Sepanjang karirnya, Eastwood sudah membawa pulang lima Oscar. Ia juga berjaya dalam 'Unforgiven'. Aktor 78 tahun itu berada di Paris untuk mempromosikan film 'Gran Torino'. Dalam film teranyarnya tersebut, Eastwood tak hanya menyutradarai, tapi sekaligus berperan.

Clinton 'Clint' Eastwood, Jr. lahir 31 Mei 1930. Ia adalah aktor sekaligus sutradara asal Amerika Serikat. Dalam filmnya Eastwood banyak berperan sebagai pria tangguh, peran anti kepahlawanan di film-film barat. Masa-masa kejayaan aktor senior itu pada kurun 1960-an, 1970-an, 1980-an.

Penghargaan Palme d'Or diberikan juri untuk film terbaik di Festival Cannes. Festival yang masuh ke tahun 62 itu berlangsung 13 Mei hingga 24 Mei 2009. Para juri diketuai oleh aktris Isabelle Huppert.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions
Komandan tim TKN Golf Haris Rusli Moti (tengah)

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

TKN Golf dari Prabowo-Gibran mengajak para pendukung dan pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi amicus curiae atau sahabat pengadilan secara massal.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024