Kemiskinan India

Hadiah Rumah Bagi Anak-Anak "Slumdog"

VIVAnews - Pemerintah India memutuskan memberi tempat tinggal baru untuk anak-anak pemeran tokoh utama dalam film terbaik Academy Award (Oscar) 2009, Slumdog Millionaire. Ketua Asosiasi Perumahan Lokal Amarjeet Singh Manhas menyatakan keputusan ini telah disetujui kepala pemerintahan negara bagian Maharashtra.

"Mereka harus mendapat rumah baru karena telah membuat India bangga," kata Manhas seperti dikutip laman stasiun televisi BBC.

Rubina Ali dan Azharuddin Ismail ditemukan agen casting di daerah kumuh Garib Nagar di kota Mumbai. Kendati 'Slumdog' meraih delapan piala Festival Film Bergengsi Amerika, Oscar, mereka masih tinggal di kawasan itu.

Rubina, 9 tahun, masih tinggal di gubuk dengan satu kamar. Sementara rumah Azharuddin, 10 tahun, baru saja digusur.
 
Situasi ini memicu protes dari banyak kalangan. Ayah Azharuddin, Mohammed mengatakan uang penghasilan anaknya telah habis untuk kebutuhan sehari-hari. Rubina dan Azharuddin menerima bayaran di atas upah rata-rata India untuk bekerja selama 30 hari dalam film karya sutradara Danny Boyle ini.

Maka, "Keputusan (memberi rumah) ini merupakan kabar baik," kata dia pada The Times India.

Ayah Rubina, Rafiq Qureshi mengatakan keluarganya sudah berkali-kali mengalami penggusuran. Terakhir mereka digusur tiga bulan lalu. "Kami sangat senang bisa tinggal di bawah atap permanen," kata Rafiq.

Sejumlah dana telah dikumpulkan untuk membiayai pendidikan Rubina dan Azharuddin. Untuk pertama kalinya, mereka didaftarkan bersekolah. Politisi lokal juga diperkenankan menyumbang untuk pembangunan rumah yang dijanjikan.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson
Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung naik mobil Indonesia 1

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo dan Gibran bakal berdinas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Apakah pakai mobil dinas listrik nantinya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024