Akuisisi 81,9% Saham Petrosea

Indika Targetkan Akuisisi Rampung Juni

VIVAnews - PT Indika Energy Tbk (INDY) berharap penyelesaian transaksi akuisisi 81,95 persen saham Clough International Singapore Pte Ltd di PT Petrosea Tbk (PTRO) rampung pada pertengahan 2009.

Sementara itu, Conditional Sales and Purchase Agreement (CSPA) diharapkan dapat ditandatangani pada 31 Maret 2009. 

Indika akhirnya memulai proses pengambilalihan 81,95 persen saham Petrosea dengan nilai transaksi US$ 83,8 juta. Penandatanganan Heads of Agreement dilakukan Kamis 26 Februari 2009.

"Dalam perjanjian jual beli ini, Indika Energy dan Clough akan bekerja sama di bidang pengembangan minyak dan gas lepas pantai," kata Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid dalam siaran pers perseroan di Jakarta.

Menurut dia, akuisisi tersebut sejalan dengan strategi pertumbuhan perseroan untuk mendiversifikasi usaha di sektor energi, terutama pada pengembangan sumber daya alam, jasa, dan infrastruktur.

“Indika Energy berkomitmen untuk memperkuat bisnis perusahaan untuk memaksimalkan potensi yang ada dan meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham," ujar Arsjad. Akuisisi Petrosea diharapkan dapat menjadikan perseroan menjadi perusahaan terdepan di sektor energi.

Menurut Arsjad, kekuatan diversifikasi usaha Petrosea dan keahlian dalam rekayasa teknik merupakan salah satu alasan dilakukannya proses akuisisi.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

"Karyawan Petrosea merupakan salah satu aset utama yang cukup berharga. Dengan 2.000 karyawan, Petrosea akan menjadi mitra baru perseroan dan membantu untuk memfasilitasi sinergi yang lebih baik di bidang infrastruktur energi guna mengembangkan bisnis perseroan,” kata dia.

Indika Energy akan mempertahankan Petrosea sebagai perusahaan yang berdiri sendiri. Dalam waktu dekat, Indika akan melakukan konfirmasi uji tuntas (due diligence) terhadap Petrosea.

Perseroan juga akan mengembangkan rencana yang terintegrasi di antara kedua perusahaan guna menciptakan sinergi yang berkelanjutan pada sektor energi dan batu bara.

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024