Bea Cukai Awasi Ketat Wilayah Produsen Rokok

VIVAnews - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terus meningkatkan pengawasan cukai rokok di tiga tempat. Pengawasan yang dilakukan untuk menghindari cukai ilegal itu meliputi daerah produsen, distribusi dan pemasaran rokok.

Menurut Direktur Penindakan dan Penyidikan (P2) Ditjen Bea dan Cukai Yusuf Indarto di Kantor Ditjen Bea dan Cukai, Jumat 27 Februari 2009, pengawasan dilakukan di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. "Semuanya meliputi daerah produsen, distribusi dan pemasaran," katanya.

Untuk Jawa, ia menyebutkan wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat khususnya Pelabuhan Merak di Banten yang merupakan daerah yang akan diintensifkan pengawasannya.  Tim Pengawas Direktorat P2 bekerjasama dengan seksi P2 KPP Bea dan Cukai Merak, meningkatkan pengawasan terhadap truk-truk yang lewat.

Dari pengalaman, kata Yusuf,  biasanya penyelundupan lewat pencacahan barang dan berhasil ditemukan 693.200 bungkus atau setara dengan 11 juta batang hasil tembakau.

Dari cukai ilegal selama tiga tahun, kata dia, tercatat kerugian mencapai puluhan miliar. Dia menjelaskan pada  2007 dilakukan sebanyak 146 penindakan yang terdiri atas 51 penindakan di area produsen rokok,  delapan peninindakan di jalur distribusi, dan 87 tindakan di daerah pemasaran dengan kerugian Rp 32 miliar.

Pada 2008 jumlahnya meningkat menjadi 707 penindakan yang terdiri atas 334 tindakan di area produsen rokok, 22 tindakan di area jalur distribusi, dan 351 tindakan di daerah pemasaran dengan nilai kerugian mencapai Rp 38,9 miliar.

Pada 2009 sampai dengan 25 Februari sudah tercatat 64 tindakan yang terdiri atas 48 tindakan di area produsen rokok, 14 tindakan di area jalur distribusi dan 2 tindakan di daerah pemasaran dengan nilai kerugian negara Rp 2,5 miliar.

Direktorat P2 mencatat selama penindakan dan penyidikan ini menemukan banyak hambatan. Antara lain di daerah Kudus dan Jepara. Hambatan tugas ini seperti lokasi yang tersembunyi dengan pabrik di bawah tanah, pintu pabrik yang ditutup dengan karton rokok, serta daerah yang terpencil.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024