Korban Perampokan Dirawat di Pos Ronda

Polisi Bersikukuh Sesuai Prosedur

VIVAnews - Polisi tetap menepis tuduhan mengabaikan laporan warga yang menyebabkan tewasnya Devi, wanita yang diduga menjadi korban perampokan dan pemerkosaan pada dua pekan lalu.  

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisari Besar Zulkarnain mengatakan, lima anggota Polsek Pamulang belum tentu terbukti melakukan kelalaian karena telah mengabaikan laporan warga.

Dari hasil pemeriksaan Unit Pengamanan Internal Polres Metro Jakarta Selatan terhadap Kapolsek Pamulang dan empat anggotanya menyebutkan, sejauh ini anggota Polsek Pamulang telah melakukan tugasnya sesuai dengan standar operasional prosedur.

Namun hingga kini pemeriksaan masih terus dilakukan. Akibatnya hasil pemeriksaan belum bisa disimpulkan apakah mereka bersalah atau benar.

"Ini bukan pembelaan, tapi tunggu hasil pemeriksaan," ujar Zulkanain, Jumat 27 Februari 2009.

Menurut Zulkarnain, anggota Polsek Pamulang sudah menerima laporan dan membawa korban untuk dirujuk ke rumah sakit hingga memberikan uang jaminan kepada rumah sakit sebesar Rp 1,3 juta.

Namun, berdasarkan penelusuran VIVAnews dengan mewancarai beberapa warga menemukan sejumlah fakta-fakta yang menyebutkan kalau polisi telah melakukan kelalaian dengan mengabaikan laporan warga.

Inilah kronologis kisah pilu Devi yang diperoleh VIVAnews dari warga bernama Sainah Pungut, 65, saat diwawancarai pada Rabu 25 Februari 2009.

Senin 16 Februari pekan lalu. Devi ditemukan dalam kondisi mengenaskan di depan Sekolah Dasar 01/02 Pamulang Timur. Oleh warga, korban kemudian dibawa ke pos ronda.

Pada Selasa 17 Februari 2009, dari pengumpulan uang yang diperoleh dari warga Devi kemudian dirawat, oleh Sainan yang juga seorang perawat. Untuk memulihkan kondisinya Devi diberikan cairan infus.

Warga juga memanggil petugas medis puskesmas Pamulang untuk memeriksanya. Tapi semua itu ternyata tak menolong. 

Rabu 18 Februari 2009 malam, warga melaporkan kasus Devi ke Kepolisian Sektor Pamulang. Namun Polisi tidak langsung bertindak.

Jumat 20 Februari 2009, petugas Babinkamtibmas Polsek Pamulang datang ke tempat Devi dirawat, namun itu hanya untuk menengok saja dan tidak melakukan tindakan apapun. Malam harinya warga kembali melapor.

Sabtu 21 Februari 2009, karena kondisi Devi memburuk warga kembali mendatangi Polsek Pamulang untuk melapor. Korban kemudian dibawa petugas ke RS Bhineka Husada, Pamulang.

Untuk mempermudah administrasi, Devi kemudian dipindahkan ke RSU Tangerang pada Senin 23 Februari pada pukul 04.00 WIB, tiga jam kemudian Devi meninggal dunia di RSU Tangerang.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024