Krisis Perusahaan IT

Nortel Akan Pecat 3200 Karyawan

VIVAnews - Nortel menyatakan bahwa mereka akan melepas 3.200 orang karyawannya dari berbagai posisi di seluruh dunia. Selain itu, mereka juga akan mengubah struktur kompensasi bagi pegawai untuk mengurangi dampak krisis ekonomi.

Perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi asal Canada itu berkutat dalam masalah keuangan selama bertahun tahun. Penyebabnya antara lain adalah skandal bonus bagi eksekutifnya serta kondisi ekonomi global yang memburuk dan menghantam industri infrastruktur telekomunikasi. Bulan lalu, Nortel telah mengajukan proteksi bangkrut dan menambah pemecatan karyawan. Sebelumnya, di November lalu Nortel juga sudah melepas sejumlah karyawan.

“Tidak ada yang lebih sulit dari mengabarkan pegawai, dan Nortel sangat menyadari beban finansial yang akan dirasakan karyawan yang terkena PHK dan keluarganya,” kata Mike Zafirovski, President and Chief Executive Officer Nortel dalam pernyataannya seperti VIVAnews kutip dari InformationWeek, 28 Februari 2009. “Nortel merupakan perusahaan yang digerakkan oleh inovasi dan sumber daya manusianya. Tetapi dengan kondisi ekonomi yang tidak kondusif yang mempengaruhi keuntungan kami, perubahan signifikan perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja keuangan kami,” ucapnya.

Sebagai tambahan dari pengurangan jumlah karyawan, Nortel tidak akan membayarkan bonus tahun 2008. Perusahaan juga mencari cara untuk memangkas biaya dengan mengubah struktur kompensasi berbasis kepemilikan modal. Lebih lanjut, sebagian aset akan dijual untuk menurunkan biaya operasional. Contohnya divisi Alteon WebSystems mereka yang sudah dijual pada Radware seharga 18 juta dolar AS.

“Keputusan sulit dilakukan untuk merestrukturisasi perusahaan agar dapat bekerja dengan baik sehingga bisa menarik investor,” kata Zafirovski.

Kompetitor Nortel seperti Alcatel-Lucent, Cisco, dan Ericsson juga mengalami dampak yang serupa dari krisis ekonomi global, tetapi perusahaan itu masih bisa bertahan dengan mengurangi pengeluaran dan mengamankan kontrak dengan perusahaan telekomunikasi besar. Sebagai contoh, Verizon Wireless baru-baru ini menyatakan rencananya untuk mengimplementasikan jaringan 4G menggunakan teknologi Long Term Evolution dan memilih Alcatel-Lucent serta Ericsson sebagai pemasok infrastrukturnya.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024