Hasil Konfrensi Internasional di Mesir

US$4,5 Miliar Terkumpul untuk Palestina

VIVAnews - Sejumlah negara telah berkomitmen mengumpulkan dana kemanusiaan sebesar US$ 4,5 miliar untuk Palestina. Sebagian besar dana itu ditujukan untuk pemulihan wilayah Gaza yang hancur akibat serangan Israel awal 2009.

Setidaknya 1.300 warga Palestina, 412 di antaranya anak-anak terbunuh dalam agresi militer Israel yang dimulai akhir 2008 lalu. Ratusan rumah dan kantor layanan publik juga rata dengan tanah.

"Pengumpulan dana sebesar US$ 4,5 miliar dari 70 negara ini benar-benar di luar dugaan," kata menteri luar negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit di resor Sharm el-Sheik, Mesir, Senin (2/3) seperti dimuat laman stasiun televisi BBC. Otoritas Palestina di Tepi Barat meminta jumlah bantuan yang lebih sedikit, sebesar US$ 2,8 miliar.

Menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Rodham Clinton menyatakan AS akan menyumbang US$ 900 juta. Sementara Saudi Arabia menjanjikan US$ 1 miliar untuk Gaza.

Namun Israel menolak membuka perbatasan Gaza untuk bantuan bahan bangunan. Mereka menekankan bahwa Israel tidak menginginkan bantuan apa pun jatuh ke tangan Hamas.

"Kami tidak ingin melihat dukungan bagi Hamas, kami ingin melihat dukungan bagi rakyat Gaza," kata juru bicara pemerintah Israel Mark Regev.

Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas menyatakan bahwa dana bantuan ini tidak cukup untuk memulihkan Gaza jika tidak disertai solusi politik. Pendapat Abbas dibenarkan Clinton.

"Upaya kami untuk mengatasi krisis Gaza tidak dapat dipisahkan dari upaya yang lebih besar untuk menciptakan perdamaian," ujar Clinton.

Dalam konferensi untuk menggalang dana ini, kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza sejak Juni 2007 tidak diundang. Hamas tetap menyambut baik upaya pemulihan Gaza namun menyesalkan perilaku dunia internasional yang tidak mengundang mereka dalam pertemuan satu hari itu.

Juru bicara, Hamas Fawzi, Barhoum menyatakan bahwa negara donor telah mempolitisasi dana bantuan itu dengan menyerahkannya pada Otoritas Palestina di Tepi Barat. (AP)

Dituding Nikahi Sukhdev Singh karena Uang, Bunga Zainal Beri Jawaban Menohok
Ayu Dewi.

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Ayu Dewi mengungkapkan jika dirinya memiliki sisi kepribadian yang berbeda saat ia berada di rumah. Saat di rumah, ia memiliki sifat tegas dan mengatur kehidupan keluarga

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024