Ancaman Kebakaran Hutan Australia

Kendati Hujan, Warga Tetap Khawatir

VIVAnews - Hujan di berbagai wilayah di negara bagian Victoria, Australia bagian tenggara, tak lantas membuat penduduk lega. Mereka masih khawatir akan munculnya kembali kebakaran hutan yang menghanguskan ribuan ruman dan menewaskan ratusan jiwa dua pekan lalu.

Hujan yang tidak terlalu deras justru akan membuat lokasi licin  dan membahayakan petugas pemadam kebakaran. Embusan angin bergerak kencang ke utara dan timur kota Melbourne, Selasa 3 Maret 2009.

Gubernur Victoria, John Brumby, mengatakan bahwa ancaman kebakaran pada hari ini tidak boleh disepelekan kendati suhu udara diperkirakan turun menjadi 26 derajat Celcius. Tengah hari ini, diperkirakan angin berkecepatan tinggi mengarah ke barat daya Victoria sehingga mengancam keselamatan para petugas pemadam kebakaran.

Maka, hari ini, sekitar empat ratus sekolah negeri dan swasta, taman kanak-kanak, dan pusat penitipan anak, diliburkan karena ancaman kebakaran. Semua kegiatan luar sekolah untuk pekan ini juga dibatalkan. 

"Tingkat bahaya kebakaran di negara bagian ini akan turun dari tadi malam, tetapi masih di atas 150," kata Brumby, seperti dikutip dari laman stasiun televisi ABC, Selasa 3 Maret 2009. "Dan ingat, ini adalah peringkat yang muncul dari kisaran nol hingga seratus, dan mungkin dalam lima tahun terakhir di Victoria kita hanya mengalami tiga hari ketika tingkat bahaya berada di atas seratus," lanjut Brumby.

Kecepatan angin mulai meningkat hingga 124 kilometer per jam di beberapa wilayah pegunungan, dan beberapa larangan bepergian masih diterapkan di berbagai wilayah Victoria. Departemen Ketahanan Lingkungan (DSE), Kevin Monk, mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran sedang bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

"Sekitar 2.500 petugas pemadam kebakaran, helikopter, dan kendaraan penyelamat sedang menjalankan tugas untuk mengendalikan empat titik api tersebut. Selain itu, ribuan tenaga pemadam kebakaran dan sukarelawan, telah ditempatkan di lokasi-lokasi strategis," kata Monk. Otoritas juga mengingatkan agar warga di daerah beresiko tinggi dan lebih memilih tinggal di rumah masing-masing, agar tetap waspada dengan kebakaran.

Sementara itu, empat titik api hingga kini masih berkobar, kobaran yang paling diwaspadai adalah di Kilmore East-Murrindindi. Pagi ini, empat kobaran api tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi properti pribadi.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim
Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Skincare tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki masalah kulit yang sudah ada, tetapi juga untuk mencegah timbulnya masalah baru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024