Hasil Survey VIVAnews

Layanan Operator Seluler Terbanyak Digunakan

VIVAnews - Koneksi internet saat ini semakin beragam, baik dari sisi kecepatan ataupun kuota dan harga. Menurut survey yang VIVAnews lakukan sejak 17 Desember 2008 sampai 28 Februari 2009, pengguna internet, khususnya pembaca VIVAnews lebih banyak memanfaatkan layanan dari operator seluler dibanding layanan internet dari penyedia di bidang lain.

Dengan pertanyaan “Koneksi internet jenis apa yang Anda gunakan?”, dari total 672 suara yang masuk, 311 vote atau sekitar 46,2 persen menggunakan akses internet GPRS, 3G, atau HSDPA yang digelar oleh berbagai operator seluler. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna internet yang mengakses melalui koneksi kabel, baik berbasis tembaga ataupun serat optik.

Pengguna yang memanfaatkan internet digital subscriber line (DSL), atau yang menggunakan sambungan kabel telepon tercatat hanya 175 suara atau sekitar 26 persen. Pengguna internet berbasis kabel berkecepatan tinggi lainnya yakni yang memanfaatkan jalur serat optik tercatat hanya 89 suara atau sekitar 13,2 persen.

Meski lebih lambat, ternyata masih terdapat pula pengunjung yang menggunakan koneksi dial-up, alias melalui saluran telepon dengan modem kecepatan maksimum 56Kbps. Jumlahnya tercatat 67 suara atau 9,9 persen. Adapun pengguna yang mengakses VIVAnews menggunakan koneksi Very Small Aperture Terminal, atau menggunakan antena penerima satelit dengan kecepatan hingga 4Mbps tercatat 30 pemilih atau sekitar 4,4 persen.

Lalu, berapa rata-rata kecepatan koneksi internet yang dimiliki pengguna? Mari kita lihat hasil survey VIVAnews yang akan datang.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi tidur.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidur telanjang tidak hanya membuat seseorang merasa nyaman dengan diri sendiri, tetapi juga menghasilkan tidur yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024