Sofyan Djalil

"BBM Tak Diturunkan pada Harga Terendah"

VIVAnews - Pemerintah menyatakan penentuan harga bahan bakar minyak bersubsidi tidak berada pada titik terendah harga internasional, saat harga BBM internasional rendah seperti ini. 

Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah tetap mengalokasikan subsidi BBM yang digunakan sebagai bantalan saat harga BBM internasional naik. "Kami sengaja tidak menurunkan harga BBM sampai ke dasar, karena pemerintah susah menaikkan kembali saat harga BBM naik," kata Sofyan di Jakarta, Selasa 3 Maret 2009.

Dia mengatakan, harga BBM saat ini masih dikontrol negara. Saat harga BBM dunia naik, pemerintah memberi subsidi pada harga BBM dalam negeri. Namun, saat harga BBM internasional turun, pemerintah tidak menurunkan hingga harga terendah.

Sofyan juga meminta, fluktuasi harga BBM tidak bisa dilihat dari fluktuasi harga minyak harian. Karena untuk menetapkan harga BBM nasional butuh rata-rata harga minyak dunia selama 1-2 bulan.

Sekitar 20 anggota DPR dari lintas fraksi mengajukan usul hak menyatakan pendapat atau interpelasi terhadap kebijakan pemerintah mematok harga premium yang tidak lagi disubsidi. DPR menganggap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah melanggar Undang-Undang Nomor 41/2008 tentang APBN 2009. 

Ke-20 anggota DPR yang mengajukan usul hak menyatakan pendapat tersebut adalah Alvin Lie dan Dradjad Wibowo dari Fraksi PAN, Effendi Choirie dari fraksi Kebangkitan Bangsa, Effendi Simbolon dan Sonny Keraf dari PDIP, Mahadi Sinambela dari Golkar, Idris Lutfi dari PKS, dan Iedil Suryadi dari PPP.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini
Kejadian Kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis 18 April 2024 malam.

Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS

Kejadian kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis, 18 April 2024 mal

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024