Cuti Kampanye Yudhoyono-Kalla Dicocokkan

VIVAnews – Andi Mallarangeng, juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mengatakan cuti kampanye untuk Presiden dan Wakil Presiden dapat diambil kapan saja. Hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pejabat negara.
 
“Cuti satu hari itu bisa diambil hari apa saja,” kata Andi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 3 Maret 2009.

Cuti kampanye itu mulai berlaku 16 Maret sampai 5 April. Karena masa itu merupakan masa kampanye yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum.

Lebih lanjut, Andi mengatakan masih mengecek kepastian jadwal cuti kampanye Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk pemilihan legislatif.
 
“Terus terang saya masih mengecek lagi keduanya. Karena yang mengatur bukan saya, tergantung partai. Semua harus disesuaikan,” kata Andi
 
Aturan main itu tidak hanya berlaku bagi Presiden dan Wakil Presiden. Para pejabat menteri dan gubernur juga demikian. “Pilihan harinya tentu tergantung masing-masing,” kata dia.
 
Agar cuti Presiden dengan Wakil Presiden tidak sama, hal itu akan dikoordinasikan.

Sebelumnya, beredar informasi kalau Presiden Yudhoyono mengajukan cuti kampanye ke KPU setiap Jumat selama masa kampanye. Hal itu dinilai sebagai monopoli jadwal dengan Jusuf kalla.
 
Dalam peraturan pemerintah tentang pejabat negara, Presiden dan Wakil presiden diperbolehkan melakukan kampanye 1 hari dalam satu minggu pada hari kerja. Artinya, dalam peraturan itu diperbolehkan hari apa saja selama masa kampanye berlangsung.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Lebih lanjut Andi mengatakan pemerintah percaya kepada para pejabat negara tetap mengutamakan tugas negara diatas kampanye untuk partai. 

“Karena mereka bisa saja melakukan pada malam hari atau bagaimana,” kata dia.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024