PPD: Forum 23 Partai Bukan Blok Tandingan

VIVAnews – Dua puluh tiga partai peserta Pemilihan Umum 2009 membentuk Forum Partai-Partai. Tujuan utama forum ini, kata Ketua Penggerak Perempuan Partai Persatuan Daerah, Ratna Tobing, untuk menyikapi persiapan pemilu.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

“Tidak ada tujuan untuk membuat blok calon presiden dan calon wakil presiden,” kata Ratna kepada VIVAnews, Rabu 4 Maret 2009. “Karena sekarang ini kan lagi banyak blok-blokan.”

Forum itu dibentuk dalam diskusi terbatas "Parpol Pascakeputusan MK" di Jakarta, Selasa 3 Maret 2009. PPD merupakan salah satu penggagas pembentukan forum.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Forum ini ingin mendorong lembaga penyelenggara pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum, Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah, untuk melaksanakan pemilihan dengan baik.

Salah satu masalah yang disikapi adalah keputusan Mahkamah Konstitusi menolak uji materiil parliamentary threshold Undang-undang Pemilu. Forum ini menilai penolakan itu menciderai demokrasi yang sedang dibangun Indonesia.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Selain itu, mereka juga menyikapi aturan main dan persiapan pemilu yang dinilai belum sempurna. Misalnya aturan tentang penentuan calon legislatif terpilih, suara dan persiapan logistik yang belum selesai, padahal sisa waktu pelaksanaan pemilu tinggal hitungan hari.

Rencananya forum ini akan bertemu lagi 6 Maret untuk merumuskan langkah selanjutnya untuk menyampaikan aspirasi kepada penyelenggara pemilu. Selanjutnya, forum ini juga merencanakan untuk melakukan aksi turun ke jalan.

“Kami ingin memberi warning, bahwa pemilu ini harus dilaksanakan dengan hati-hati,” kata Ratna.

Partai-partai yang bergabung dalam koalisi  antara lain:
- Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia;
- Partai Persatuan Daerah;
- Partai Bulan Bintang;
- Partai Republika Nusantara;
- Partai Demokrasi Pembaruan;
- Partai Patriot;
- Partai Nasional Indonesia Marhaenisme;
- Partai Matahari Bangsa;
- Partai Pelopor;
- Partai Demokrasi Kebangsaan;
- Partai Penegak Demokrasi Indonesia;
- Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia;
- Partai Kebangkitan Nasional Ulama; dan
- Partai Karya Perjuangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya