Dugaan Suap Proyek Dermaga

Hontjo Kurniawan Sering Tangani Proyek Dephub

VIVAnews - Komisaris PT Kurnia Jawa Wira Bakti, Hontjo Kurniawan, memang bukanlah orang baru di kalangan Departemen Perhubungan. Hontjo sudah sering menangani proyek-proyek di Departemen Perhubungan.

"Kalau saya lihat dari daftar, dia itu orang lama," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Sunaryo, saat berbincang dengan VIVAnews, Rabu 4 Maret 2009. "Dia sudah pernah menangani proyek di Departemen Perhubungan."

Hontjo adalah tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan fasilitas bandara dan pelabuhan di kawasan timur Indonesia. Hontjo ditangkap penyidik KPK pada 2 Maret saat berada di Apartemen Taman Anggrek. Dia diduga memberikan uang kepada anggota Komisi Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat, Abdul Hadi Djamal, dan Kepala Bagian Tata Usaha Departemen Perhubungan Darmawati Dareho sebesar Rp 54,5 juta dan US$ 90 ribu.

Meski demikian, Sunaryo mengaku belum mengenal Hontjo. "Saya orang baru, lagipula saya tidak ada kaitannya dengan pekerjaan itu," jelasnya.

Ketua KPK Antasari Azhar menyatakan pemberian uang itu diduga terkait dengan program lanjutan pembangunan fasilitas bandara dan pelabuhan di kawasan timur Indonesia. Nilai proyeknya mencapai Rp 100 miliar.

Darmawati kini sudah menghuni Rutan Pondok Bambu. Sedangkan Abdul Hadi dan Hontjo dititipkan di LP Cipinang.

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions
Liverpool vs Atalanta

5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa

Liverpool akan datang ke markas Atalanta dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari nanti, 19 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024