Simpanse Bisa Membuat Alat Penangkap Rayap

VIVAnews – Simpanse memang hewan yang sangat pintar. Hewan primata ini memiliki kemampuan menciptakan alat bantu untuk aktivitasnya, misalnya mencari makan.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Para ahli binatang mengatakan, simpanse sangat menyukai rayap. Bila diganggu rayap saat sedang berada di atas pohon, simpanse akan langung memakannya. Mereka biasanya menggunakan tongkat pendek untuk mendapakan makanan ringan kesukannya itu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Britain's Royal Society mengungkapkan bagaimana simpanse menciptakan tongkat pendek untuk menangkap rayap. Menurut hasil penelitian mereka simpanse yang ada di Segitiga Goualougo, Taman Nasional Nouabale-Ndoki, Republik Kongo, bahkan sudah menemukan alat penangkap rayap yang lebih efektif.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Simpanse itu menciptakan alat penangkap rayap yang bentuknya seperti sikat gigi yang bisa lebih tepat dipakai untuk menangkap rayap. Tim peneliti merekam tingkah laku simpanse dengan video. Dalam rekaman, terlihat simpanse itu membuat tongkat khusus untuk menangkap rayap dari akar tumbuhan. Mereka memilih akar tersebut kemudian merontokkan daun-daunnya. Lalu, mereka menggunakan giginya untuk memisahkan seratnya.

Tongkat yang seperti sikat gigi itu kemudian digunakan untuk menangkap rayap-rayap kesukaan mereka. Hal itu menggambarkan simpanse seperti manusia yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan keinginan mereka. Pembuatan alat tersebut adalah kemampuan kultural yang dipelajari dari simpanse lainnya.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

“Hal ini menunjukkan simpanse memiliki kemampuan untuk menciptakan alat yang bisa mereka gunakan," kata Max Planck dari Institute for Evolutionary Anthropology di Jerman.

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024