10.402 Personil Amankan Pemilu Di Sulsel

VIVAnews - Sebanyak 10.402 personil Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) akan mengamankan pelaksanaan Pemilu Legislatif di Sulawesi Selatan 9 April mendatang. Jumlah tersebut merupakan 2/3 dari kekuatan Polda Sulselbar yang mencapai sekitar 19 ribu personil.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulselbar Irjen Polisi Mathius Salempang mengatakan, pengamanan lebih terfokus terhadap kotak suara pasca pemungutan suara mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panitia Pemungutuan Suara (PPS) hingga ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Itu yang mutlak dan wajib dicermati, demi menjamin hasil Pemilu yang berkualitas,” katanya kepada wartawan usai membuka latihan sistem pengamanan kota di Markas Batua, Kamis, 5 Februari 2009.

Dia menambahkan, saat ini belum ada laporan berarti ataupun tanda-tanda yang berpotensi menimbulkan kerawanan menjelang pelaksanaan pemilu di Sulsel. Namun, kepolisian telah menyiapkan strategi dalam tiga kategori pengamanan. Yakni kategori Aman, Rawan I dan Rawan II.

“Kategori Aman berarti TPS nya masih terjangkau dengan baik. Pola pengamanan yang digunakan 2-10-5. Yaitu dua polisi, 10 Linmas dan 5 TPS. Ada 11.802 TPS yang masuk kategori Aman,” tutur Mathius.

Sedangkan dikatakan kategori Rawan I, jika sebuah daerah atau TPS, lokasi dan jaraknya agak jauh dari pusat informasi. Di Sulsel, lanjut Mathius, jumlahnya sekitar 2.777 TPS. Pengamanan yang digunakan adalah pola  2-4-2.

Terakhir kategori Rawan II diamankan dengan pola 2-4-1. Kategori rawan II teletak pada lokasi yang cukup terpencil sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus dari aparat. “Ini paling rawan terjadi kecurangan,” tambah mantan Kepala Biro Analisis Bareskrim Mabes Polri ini.

Dengan jumlah tersebut, Kepolisian Sulselbar yakin bisa mengawal pesta demokrasi lima tahunan itu. Apalagi, akan diperkuat oleh TNI dan Tenaga Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Sementara, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel, jumlah pemilih pada Pemilu 2009 sebanyak 262.234 suara. Mereka akan memlihi pada 23 kabupaten/kota dengan jumlah Tempat Pemlihan Suara (TPS) sebanyak 15.616 TPS.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024