Proyel Tol Bacth IV

Pembebasan Lahan Picu Minat Investor

VIVAnews - Pemerintah akan memilah proyek pembangunan tol batch IV yang dinilai sepi peminat. Salah satu langkah yang dilakukan dalam jangka waktu dekat adalah pembebasan lahan.

Deputi Menko Bidang Infrastruktur, Bambang Susantono mengatakan pelaksanaan jalan tol ini tidak mulus karena terbentur pada ketidakpastian lahan. "Itu menjadi evaluasi pemerintah dan Badan Pengatur Jalan tol (BPJT)," kata Bambang di Jakarta, Kamis 5 Maret 2009.

Menurut Bambang, dari hasil pertemuan market sounding tiga minggu lalu disebutkan, program pembebasan lahan berhasil menarik jumlah investor. Disebutkan dari 42 calon investor yang datang, sebanyak 27 diantaranya sudah menyatakan ketertarikan. Ini berbeda jika pada penawaran proyek sebelumnya dimana tidak ada jaminan pembebasan lahan terlebih dahulu.

Untuk itu pemerintah terlebih dahulu berencana membebaskan lahan. Pembebasan ini dilakukan untuk empat ruas tol antara lain Medan-Binjai sepanjang 15,8 kilometer, Palembang-Indralaya sepanjang 22 kilometer, Tegineneng-Babatan sepanjang 50 kilometer, dan Pandaan-Malang sepanjang 37,62 kilometer.

Menurut Bambang, BPJT telah bersiap melakukan pembebasan lahan. Empat proyek ini diperkirakan membutuhkan dana investasi mencapai Rp 7,4 triliun.

Rinciannya, Medan-Binjai nilai investasi Rp 1,093 triliun, Palembang Indralaya sebesar Rp 1,052 triliun,Tegineneng-Babatan sebesar Rp 2,726 triliun, dan Pandaan-Malang sebesar Rp 2,529 triliun.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea
Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024