Pemerintah Hati-Hati Ubah Harga Premium

VIVAnews - Pemerintah menyatakan tidak akan tergesa-gesa mengambil langkah menaikkan atau menurunkan harga bahan bakar minyak bersubsidi jenis premium.

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Pasalnya, pemerintah melihat kecenderungan harga premium di pasar dunia akan merangkak naik. "Kami terapkan prinsip kehati-hatian," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dalam konfrensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 5 Maret 2009.

Menurut dia, dalam memutuskan harga BBM subsidi, fluktuasi harga minyak mentah dunia bukan satu-satunya pertimbangan. Pemerintah juga mempertimbangkan pengaruh terhadap perkembangan sektor rill dalam negeri.

Purnomo mengatakan, saat ini kecenderungan harga minyak mentah Indonesia (ICP) terus meningkat, hingga US$ 43 per barel. Sedangkan harga premium sudah lebih dari Rp 4.500 per liter.

Perdagangan siang ini, pukul 14.55 WIB, harga minyak mentah Light Sweet di Nymex diperdagangkan pada level US$ 45,07 per barel. Melemah 31 sen dibanding perdagangan sebelumnya.

Meski demikian, pemerintah setidaknya telah mendapat untung Rp 3,3 triliun dari penjualan harga premium beberapa bulan lalu. "Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dihitung per tahun, tidak bisa 
per bulan," tutur Purnomo.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024