Di Praha Ceko

Promosi Indonesia Melalui Kuliner

VIVAnews - Festival Makanan Indonesia tengah berlangsung di Praha. Mandarin Oriental Hotel Praha bekerjasama dengan KBRI Praha mewujudkan promosi kuliner Indonesia di hotel berbintang lima itu pada 2 – 15 Maret 2009.

Pembukaan festival secara resmi dilakukan pada Kamis, 5 Maret 2009 siang hari dengan mengundang tamu-tamu Hotel Mandarin Oriental, wartawan dan para pengusaha.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Pada festival makanan ini, juru masak hotel, Ari Munandar, menyediakan aneka makanan khas Indonesia yang lezat dan ditampilkan dengan cantik.Selama festival berlangsung pihak hotel akan menyediakan aneka soto dan sop, menu makanan berbagai jenis dari sambel goreng, sate, gulai, nasi goreng dan makanan khas lainnya termasuk jajan pasar sebagai makanan penutup.

Saat acara pembukaan pada Kamis (5/3/2009) siang, para pengunjung dapat menikmati kelezatan Gado-Gado, Ayam Pelalah, Tahu Telor, dan Gimbal Udang. Semua makanan tersebut ditampilkan secara cantik dan menarik.

Sementara untuk menu utama dipilih Nasi Kuning yang dilengkapi dengan aneka lauk seperti Ikan Acar Kuning, Ayam Kalio, Rendang Daging, Bakmi Goreng, Capcay dan Balado Telur. Sedangkan makanan pencuci mulut disajikan Pisang Goreng, Bubur Sagu, Bubur Injin dan aneka buah tropis.

Menurut General Manager Hotel Mandarin Oriental, Mr. Clemen Hoerth, Festival Makanan Indonesia ini sangat menarik untuk dilakukan karena makanan khas Indonesia berbeda dari satu daerah dengan daerah lain. Pengetahuan Mr. Hoerth tentang Indonesia cukup luas karena pernah bertugas di Surabaya.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Sementara bagi Ari Munandar, mempromosikan makanan tanah air di luar negeri merupakan suatu kebanggaan dan sebagai salah satu cara turut memperkenalkan Indonesia. Ari Munandar saat ini merupakan salah satu juru masak yang populer di Ceko setelah kiprahnya di Mandarin Oriental Hotel.

Azis Nurwahyudi yang mewakili Dubes Salim Said pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak hotel dan pengunjung festival. Diharapkan festival makanan ini akan semakin mempopulerkan kuliner Indonesia yang lezat dan berharap akan semakin bertambah warga Ceko berkunjung ke Indonesia setelah menikmati kelezatan makanannya.

Ditempat yang sama juga dipamerkan berbagai barang tradisional Indonesia koleksi KBRI Praha seperti Payung Bali, patung, wayang, kain tenun dan batik sampai ke perangkat gamelan sehingga suasana hotel seperti di Indonesia.

Selain menikmati kelezatan makanan yang disajikan, pengunjung pembukaan festival juga dihibur dengan Tari Merak dan Bajidor Kahot oleh Kristin Arifin dan Thya Malkova.(Perwakin Praha, 5 Maret 2009)

Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024