Ketua DPRD Tewas Diamuk Massa

Tersangka Bertambah Menjadi 69

VIVAnews - Tersangka kasus demo maut yang berujung tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat bertambah. Juru Bicara Polisi, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan pada Selasa 3 Maret 2009, tersangka bertambah dua orang yakni RM dan HF.

"Keduanya adalah mahasiswa," kata Abubakar di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat 6 Maret 2009. Secara keseluruhan, tambah dia, polisi telah menetapkan 69 tersangka dalam perkara ini.

Kepolisian Sumatera Utara telah melakukan pemberkasan terhadap 67 tersangka menjadi 49 berkas. Pada 3 Maret 2009, polisi telah mengirimkan 27 berkas perkara atas 43 tersangka ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Dua hari kemudian, giliran 15 berkas dengan 16 tersangka yang dilimpahkan. "Yang belum dikirim tujuh berkas dan tujuh tersangka. Mereka adalah yang dikenakan Pasal 338 dan Pasal 340 [tentang pembunuhan dan pembunuhan berencana]," lanjut Abubakar.

Namun, Abubakar tak menyebutkan siapa saja tersangka yang kena pasal pembunuhan dan pembunuhan berencana. Dia hanya menyebutkan inisial. "CP, YH, DR, FM, JS, PS, HB," kata Abubakar.

Sebelumnya, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji menduga tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat, sudah direncanakan.

Indikasinya, kata Susno, demo maut pada 3 Februari 2009 direncanakan sedemikian rupa. Massa juga membawa peti mati ukuran besar, ditambah dengan spanduk-spanduk ancaman yang salah satunya ditujukan pada Abdul Aziz Angkat, sebagai Ketua Dewan.

Tewasnya Abdul Azis berawal dari aksi massa yang menuntut berdirinya Provinsi Tapanuli Selasa 3 Januari 2009. Atas insiden ini, Kepala Polda Sumatera Utara dan Kepala Kepolisian Medan dicopot dari jabatannya. Tiga perwira di lingkungan Kepolisian Daerah Sumatera Utara juga dimutasi.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse
Rizky Nazar

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Kabar dugaan perselingkuhan Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani menghebohkan publik hingga menjadi trending topik di media sosial. Bagaimana tidak, banyak netizen geram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024