Prague Students Summit 2009

Siswa Ceko Wakili Indonesia

VIVAnews - Mengenakan baju batik lengkap dengan peci, enam siswa Ceko dari Sekolah Menengah Atas Pardubice dan Plzen mewakili Indonesia pada Prague Students Summit 2009 yang dibuka di Balai Kota Praha, Jumat 6 Maret 2009. Mereka akan membahas berbagai masalah internasional dalam pertemuan yang berlangsung di Praha pada 6-9 Maret 2009.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Prague Students Summit ini merupakan program bergensi untuk memberikan wacana kepada anak-anak sekolah mengenai diplomasi dan hubungan internasional.

Ide dasarnya adalah untuk memberikan kesempatan kepada 400 siswa pilihan dari seluruh Ceko untuk melakukan simulasi persidangan dari tiga organisasi internasional yakni PBB, Uni Eropa dan NATO.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Para pesertanya akan bertindak sebagai wakil dari negara-negara asing dan selama berlangsungnya diskusi mereka akan membicarakan penyelesaian berbagai masalah global. Pada tahun ini Prague Students Summit dilaksanakan untuk yang kesepuluh kalinya.

Selama pertemuan tersebut, seluruh siswa akan melakukan kegiatan dalam bentuk workshop, persidangan dan konferensi. Selain itu juga akan dilakukan kegiatan tambahan seperti kunjungan ke berbagai Kedutaan Besar dan seminar.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Tahun ini Ondrej Wagner, Lenka Smejkalova, Lukas Houska, Dana Dlapova, Tomas Konecny dan Leonid Kushnin akan mewakili Indonesia di PBB dengan mengambil peran di General Assembly, Security Council, Human Right Council, WTO dan ECOSOC.

Sebelum mulainya kegiatan tersebut, mereka telah menghubungi KBRI Praha dan melakukan diskusi intensif mengenai posisi Indonesia atas masalah demokratisasi, terorisme, hak asasi manusia, energy security, dan perkembangan situasi dalam negeri Indonesia.

Pengetahuan tentang Indonesia yang dimiliki keenam pelajar tersebut sangat baik. Selama delapan bulan mereka telah dipersiapkan oleh sekolahnya untuk mempelajari Indonesia.

Menurut mereka, untuk mendapatkan tempat mewakili Indonesia di forum ini juga tidak mudah. Mereka harus bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang tertarik pada Indonesia.

Untuk itu mereka harus membuat tulisan yang dinilai oleh panitia penyelenggara. Mereka juga mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara favorite untuk wilayah Asia karena perannya yang besar di kawasan.

Sementara itu KBRI Praha selama dua tahun berturut-turut selalu mendukung kegiatan ini karena sangat baik sebagai salah satu bentuk pengenalan terhadap Indonesia.

Diharapkan mereka akan mengerti dan memahami Indonesia kelak jika mereka menjadi pemimpin Ceko.(Perwakin Praha, 6 Maret 2009)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya