Bercinta Paska Kanker Payudara

VIVAnews - Kerasnya penyembuhan kanker payudara dapat menyebabkan rintangan yang serius pada kehidupan seks setelah kondisi melelahkan akibat kemoterapi atau radiasi, pemulihan dari operasi, atau merasa kurang menarik dan rendah diri.

Tetapi jika Anda temasuk aktif secara seksual sebelumnya, penting untuk tidak membiarkan kehidupan seks menjadi layu. Demikian dikatakan President and Clinical Director of Women's Mental Health Associates Helen L Coons di Philadelphia.

"Jika Anda mempunyai keberanian dalam mengatasi diagnosa dan pengobatan kanker, Anda mempunyai keberanian untuk berbicara pada pasangan Anda tentang masalah ini," kata Coons.

Berikut saran Coons untuk membantu pasangan kembali pada jalur yang benar di atas ranjang:

Jadwalkan Komunikasi

Temukan waktu yang tepat untuk membuka komunikasi yang berguna untuk pasangan. "Lakukan ketika kalian berdua tidak sama-sama lelah, ketika kalian bedua ada dan tidak terbagi perhatiannya - dan jangan di atas ranjang," saran Coons.

Terbuka

Bicarakan tentang kehidupan seks Anda secara terbuka dan jujur, kemudian luangkan waktu bersama melakukan apa yang membuat kalian berdua santai.

Mulai dengan Perlahan

Coons menyarankan ketika Anda siap untuk memulai saling menyentuh, coba fokus pada bagian sensitif, seperti pijatan masih dengan berpakaian. "Kapan terakhir kali Anda melakukan ciuman bergairah? Kapan terakhir kali Anda saling memijit?"

Menjadi Kreatif

Langkah pertama untuk mendapatkan seks yang bagus yakni merasa terhubung secara emosi, jadi pikirkan apa yang membuat Anda dan pasangan merasa lebih dekat menuju keintiman dapat dicoba (termasuk posisi bercinta baru yang lebih nyaman jika masalah sakit setelah bercinta ditemui).

Bukan Perkara Semua Atau Tidak Sama Sekali

Bercinta bukan hanya tentang persetubuhan. "Sangat menakutkan antara tidak ada seks dan penetrasi seks," kata Coons.

Cari Pertolongan Pihak Lain
Jika Anda memiliki masalah dengan hasrat atau kesakitan secara seksual, atau tidak puas fengan keseharan seksual Anda dalam berbagai cara, katakan pada tenaga medis yang Anda percaya tentang hal ini.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024