Lion Air Tergelincir

Ban Dilepas, Pagi Ini Evakuasi Selesai

VIVAnews - Ujung pesawat Lion Air dengan 168 penumpang yang tergelincir, hingga kini masih berada di atas landas pacu Bandara Soekarno-Hatta. Petugas kesulitan mengevakuasi pesawat yang tiba dari Makassar Minggu (9/3) sore. Maka itu, roda pesawat akan coba dilepas.

"Ban belakangnya sudah patah, jadi sulit untuk ditarik. Rencananya, ban belakang akan kita lepas dan kita angkat pakai bantalan udara," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Heri Bakti kepada VIVAnews, Selasa, 10 Maret 2009.

Patahnya ban belakang membuat petugas kesulitan untuk menarik pesawat dengan nomor penerbangan JT-793 itu. Setelah ban belakang dilepas dan dipasang bantalan udara, petugas akan memasang dolly (alat pengangkut yang memiliki roda) untuk menyangga bagian belakang pesawat.

"Jadi sekarang kondisinya, bagian belakang pesawat menempel ke tanah sedangkan bagian depan masih di atas landasan. Targetnya, jam tujuh ini sudah selesai," ujar mantan Kepala Administrator Bandar Soekarno-Hatta ini.

Pesawat Lion Air itu tergelincir saat mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Diduga, tergelincirnya pesawat tujuan Makassar-Jakarta itu akibat hujan deras yang mengguyur kawasan bandara.

Pesawat itu mendarat sekitar pukul 15.45. Namun, karena landasan licin akibat hujan yang sangat deras, pesawat tidak dapat mendarat sempurna. Departemen Perhubungan sudah memeriksa langsung penyebab tergelincirnya Lion Air di bandara bertaraf internasional itu.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024