Interface Data

SATA 6Gbps dari Seagate dan AMD

VIVAnews - Seagate dan AMD bekerjasama dalam mengembangkan interface transmisi data Serial ATA pada komputer. Hasilnya, kini interface SATA dapat mengirim dan menerima data hingga kecepatan maksimum 6Gbps. Kedua perusahaan mendemonstrasikan teknologi terbaru itu pada sebuah ajang Everything Channel Xchange Conference yang berlangsung di New Orleans.

Interface terbaru itu dikembangkan karena Seagate dan AMD menyadari bahwa standar SATA yang saat ini tersedia (maksimum bandwidht teoritis 3Gbps) tidak cukup lagi untuk menyediakan bandwidth bagi perangkat simpan seperti Solid State Drive yang makin banyak digunakan.

Yang menarik, Intel merupakan salah satu pendukung dikembangkannya metode standar terbaru ini, tetapi AMD yang pertamakali mengadopsi SATA 6Gbps pada platform komputernya. Intel sendiri belum ada rencana untuk mengimplementasikan SATA terbaru itu di chipset mereka yang akan datang.

“AMD terus berusaha menghadirkan platform teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh partner kami untuk membuat PC desktop dan laptop berkinerja tinggi,” kata Leslie Sobon, Vice President of Product Marketing AMD, seperti VIVAnews kutip dari rilis resmi AMD, 10 Maret 2009. “Teknologi SATA 6Gbps tidak hanya menggabungkan fitur terbaik dari generasi SATA sebelumnya, tetapi juga sudah memiliki beberapa perbaikan. Inovasi ini memungkinkan AMD untuk mengembangkan platform teknologinya dan membangun desain yang ekonomis yang bisa membuat vendor komputer meningkatkan kinerja produknya,” ucapnya.

Demonstrasi yang dilakukan Seagate dan AMD menggunakan dua harddisk Seagate. Satu harddisk merupakan seri Barracuda 7200.12 SATA 3Gbps dan satu lagi adalah prototipe Barracuda 6GBps yang dipasangkan pada sebuah PC desktop. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana perbedaan performa antara kedua generasi teknologi tersebut.

Adapun PC yang dijalankan menggunakan chipset prototipe AMD yang mendukung SATA 6Gbps. Dari pengujian, di layar monitor terlihat bahwa SATA 3Gbps Seagate mampu mentransmisikan data dengan kecepatan maksimum 2,5Gigabit per second sementara harddisk versi SATA 6Gbps mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 5,5Gigabit per second.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024