Lion Air Tergelincir

Evakuasi Lambat Ganggu Pendaratan 22 Pesawat

VIVAnews - Proses evakuasi pesawat Lion Air yang tergelincir di Bandara Soekarno-Hatta belum juga selesai. Proses evakuasi yang memakan waktu lebih lama dari perkiraan ini, juga menyebabkan pesawat lain mengalami penundaan pendaratan.

"Sementara itu 22 penerbangan lainnya terpaksa harus holding (berputar-putar). Akhirnya, 22 penerbangan itu mendarat dengan selamat," kata Kepala Cabang Angkasa Pura II, Haryanto, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Selasa, 10 Maret 2009.

Sebelumnya, menurut Haryanto, 60 jadwal penerbangan di Bandara Internasional ini juga mengalami keterlambatan. Hal itu disebabkan antrenya jadwal penerbangan yang kini hanya menggunakan satu landas pacu saja. Biasanya, bandara ini menggunakan dua landasan yakni selatan dan utara.

Hingga pukul 10.30 WIB, pesawat Lion Air jurusan Makassar-Jakarta yang tergelincir Minggu (9/3) sore itu masih berada di ujung landas pacu selatan. Sulitnya evakuasi disebabkan karena roda belakang pesawat patah, yang mengakibatkan bagian belakang pesawat jatuh ke tanah.

Akibatnya, pesawat yang mengangkut 168 penumpang itu sulit untuk ditarik dari tanah. Maka itu, petugas berusaha mengganjal dengan bantalan udara dan mengganti roda yang patah dengan dolly (semacam roda tambahan). Tujuannya, agar pesawat mudah ditarik dari lokasi kejadian.

Ujung pesawat sepanjang lebih dari 20 meter itu masih berada di atas aspal landas pacu. Sedangkan bagian belakangnya berada di atas tanah. "Hingga saat ini jalur yang masih digunakan hanya satu jalur saja," kata dia.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Laporan: Nur Khafifah l ANTV-Tangerang

Ilustrasi buah-buahan.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tak melulu harus mengonsumsi pil vitamin c, kebutuhan akan vitamin C dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin ini. Berikut adalah beberapa buah y

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024