Ketua DPRD Tewas Diamuk Massa

Polisi Sudah Kantongi Ijin Mendagri

VIVAnews - Langkah kepolisian mengusut tuntas kasus tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat makin mulus. Kepala Kepolisian, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan polisi sudah mengantongi ijin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto untuk memeriksa para anggota DPRD Sumatera Utara.

"Tinggal bergulir pemeriksaan anggota DPRD baik sebagai saksi maupun tersangka," kata Bambang Hendarso di depan para pimpinan media massa nasional di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa 10 Maret 2009.

Ditambahkan Bambang Hendarso, saat ini polisi sudah menetapkan 67 tersangka dalam kasus demo maut menuntut pembentukan Provinsi Tapanuli. "Sebanyak 37 berkas sudah kami limpahkan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara," tambah Bambang Hendarso.

Ada 15 anggota DPRD yang dibutuhkan keterangannya oleh polisi. Delapan anggota sudah di periksa dengan sukarela datang sebagai saksi sehingga tidak perlu izin menteri. Namun sisanya, tidak mau dimintai keterangan karena belum ada izin dari Menteri.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepolisian, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan ada lima tersangka yang berkasnya belum dilimpahkan ke kejaksaan, terhalang izin mendagri. Pelimpahan berkas para tersangka ke kejaksaan itu masih menunggu keterangan tambahan dari para saksi yang juga anggota DPRD.

Tragedi tewasnya Abdul Azis Angkat terjadi di gedung DPRD Sumut, Medan, Selasa 3 Februari 2009. Waktu itu ribuan pendukung pembentukan Provinsi Tapanuli merangsek masuk gedung dan merusak berbagai fasiltasi parlemen. Bahkan mereka melempari Abdul Azis dan ada pula yang memukulinya.

Di tengah aksi itulah kemudian Abdul Azis tewas. Semula polisi sempat menyatakan, Abdul Azis tewas karena serangan jantung. Namun, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji menduga tewasnya Abdul Aziz angkat sudah direncanakan.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground
Pesta kemenangan Indonesia U-23 di Brebes

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Euforia kemenangan Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 pada Jumat dini hari WIB 26 April 2024 sangat terasa di Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024