Segera Dibangun

Tol Bandung-Cirebon Butuh Dana Rp 3,8 Triliun


VIVAnews - Pemerintah Jawa Barat membutuhkan dana sekitar sekitar Rp 3,8 triliun untuk membangun jalan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu). Jika beroperasi, jalur ini tak hanya mempermudah jalur Bandung – Cirebon, tapi juga terintegrasi dengan jalur Trans Jawa dari Cikampek ke Palimanan.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan saat ini pemerintah baru menyediakan dana Rp 540 miliar. Dana itu dibagi separoh disediakan oleh pemerintah pusat, dan separohnya lagi ditanggung pemerintah daerah.

Dari pemerintah daerah, sekitar 30 persen disumbang oleh pemerintah propinsi dan 20 persen ditanggung pemerintah kota yang dilalui jalan tol itu.

"Saat ini Pemda Jawa Barat sudah menggelar dua kali lelang untuk menentukan operator pelaksana jalan tol," ujar Heryawan seusai menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Selasa (10/3).

Namun, hingga sekarang, belum ada swasta yang mengajukan. Jika tidak ada swasta berminat, pemerintah akan mengambil alih melalui Jasa Marga. "Semoga Jasa Marga bersedia untuk segera mengambil alih,” katanya.

Pemda Jawa Barat berharap tahun ini ada kejelasan nasib mengenai pendanaan tol Cisumdawu. Apabila pendanaan segera turun ditargetkan tol akan selesai dalam 2 hingga 4 tahun mendatang.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama
Syifa Hadju

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

Selain menyangkut foto-foto tersebut, Syifa Hadju juga menjelaskan mengenai cincin yang terlihat di jari manisnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024