Ratusan Wisatawan Asing Kunjungi Makassar

VIVAnews - Kapal pesiar berbendera Italia, Costa Allegra, merapat di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Selasa, 10 Maret 2009. Kapal tersebut membawa sekitar 743 wisatawan asing dari berbagai negara serta 466 orang awak kapal.

Kedatangan mereka disambut hangat Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Edy Kosasih Parawansa. Dalam sambutannya, Edy mengatakan, menyambut baik kunjungan para wisatawan asing ke Makassar.

"Ini adalah anugerah. Dan kami siap melayani kedatangan para wisatawan sebaik mungkin," katanya kepada para wisatawan, di halaman benteng Fort Rotterdam, Makassar. Selasa 10 Maret 2009.

Di Sulawesi Selatan, lanjut Edy, wisatawan tersebut terbagi dalam beberapa rombongan, dan akan mengunjungi sejumlah tempat wisata. Diantaranya menuju Fort Rotterdam, City Tour, Pantau Losari, Istana Tamalate dan Balla Lompoa, serta obyek taman wisata Bantimurung, Maros, Sulsel.

"Mereka berada di Makassar selama 10 jam. Dan kami telah mengatur agenda kunjungan sesuai keinginan mereka di titik-titik kunjungan yang telah ditetapkan," tambahnya.

Informasi yang dihimpun VIVAnews, wisatawan tersebut kebanyakan berasal dari Jerman. Sisanya dari Spanyol, Italia, Jerman, Prancis, Turki dan Peru. Para wisatawan tersebut sebelumnya berlayar dari Singapura langsung menuju Makassar.

Kapal mewah ini akan berlabuh selama sekitar 10 jam. Dijadwalkan meninggalkan Makassar menuju Kepulauan Walacea dan Pulau Komodo pukul 18.00 sore nanti.

Kapal pesiar Costa Allegra, merupakan kapal pesiar kedua yang dioperasikan perusahaan cruise Italia yang merapat di Makassar dalam 2 tahun terakhir. Maret tahun 2006 lalu, kapal pesiar Costa Marina juga menyinggahi Makassar.

Terkait dengan kunjungan wisatawan asing itu, Edy berharap bisa memotivasi negara lain untuk berkunjung ke Makassar. Sehingga bisa menambah target jumlah wisatawan pada tahun 2009 ini.

"Pada tahun 2008, wisatawan asing ke Makassar mencapai angka 24.591 orang. Tahun ini, kita targetkan ada peningkatan hingga 20 persen," ujarnya lagi. 

Laporan: Rahmat Zeena : Makassar

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!
Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024