Saldo Awal Dana Kampanye di Bali

PDIP Terkaya, PAN Termiskin

VIVAnews – Dari setoran awal dana kampanye partai politik (parpol), tercatat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkaya yaitu sebesar Rp 85.278.000 disusul Partai Golongan Karya Rp 53 juta, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNIM) Rp 42 juta. Sementara yang paling sedikit menyetorkan saldo awal kampanye yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar Rp 92.770.

Ada juga beberapa parpol yang menyetorkan dana awal kampanye sebesar Rp 100 ribu seperti Partai Pelopor, Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Indonesia Sejatera (PIS).

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Hal ini diungkapkan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Bali, Dewa Wiarsa Raka Sandi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 10 Maret 2009.

“Setiap parpol wajib menyetorkan dua hal yaitu rekening dan saldo awal kampanye,” katanya.

Dia menambahkan bahwa setiap dana tunai partai wajib dimasukkan ke rekening sebelum digunakan. Kecuali bantuan dalam bentuk barang dan jasa, dimasukkan dalam pembukuan dengan tafsiran nilainya.

Jumlah ini bisa bertambah dan setelah kampanye berakhir akan dilakukan audit oleh Ikatan Akuntan Indonesia. Dari sinilah nanti akan terlihat jumlah dana yang wajar dan tidak.

Sesuai aturan, sumbangan dari perseorangan maksimal Rp 1 miliar sementara adari grup atau perusahaan maksimal Rp 5 miliar.

Laporan: Wima Saraswati | Bali

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024