Tabrakan Kapal, 9 WNI Hilang

Jepang Turunkan 12 Pesawat dan 10 Kapal

VIVAnews - Pemerintah Jepang meningkatkan jumlah tim pencari sembilan warga negara Indonesia yang hilang dalam tabrakan kapal dini hari tadi. Sembilan warga Indonesia yang hilang itu berada di Kapal Orchid Pia berbendera Korea Selatan.

"Tim penyelamat bertambah menjadi 10 kapal dan 12 pesawat," kata Atase Perhubungan Kedutaan Besar RI di Tokyo, Jepang, Nelson Barus, kepada VIVAnews dalam perbincangan melalui telepon, Selasa, 10 Maret 2009.

Sebelumnya, jumlah tim pencari para korban terdiri dari enam kapal dan tiga unit helikopter. Saat ini, Nelson sedang berada di Yokohama bersama tim penjaga pantai dari Jepang.

Departemen Luar Negeri juga menemukan ada dua warga Indonesia lagi yang berada di kapal lainnya. Kapal Cygnus Ace, berbendera Panama yang bertabrakan dengan Kapal Korea Selatan, ternyata juga mengangkut dua warga Indonesia. "Tapi mereka dalam keadaan baik-baik saja. Namun belum bisa ditanya lebih lanjut atas kasus itu," ujar Nelson.

Tabrakan itu terjadi sekitar pukul 02.15 waktu Jepang. Dua kapal itu bertabrakan di perairan dekat Pulau Izu Oshima, 120 km selatan Tokyo. Kapal Cygnus Ace seberat 10.833 ton langsung melapor kecelakaan itu kepada petugas Penjaga Pantai Jepang. Namun radar kapal itu tidak bisa mendeteksi lokasi kapal Korsel.

"Kemungkinan kapal Pia Orchid tenggelam," kata seorang petugas. "Kami menemukan rakit yang kosong di perairan terbuka, namun kami terus mencari mereka yang hilang," lanjut dia.

Kapal Korsel itu membawa 16 awak dan mengangkut lempengan baja 5.051 ton. Bertolak dari pelabuhan Kashima di Jepang bagian timur menuju Korsel. Setelah tabrakan, Kapal Cygnus Ace yang rusak masih bisa berlayar.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Departemen Luar Negeri, Teguh Wardoyo, mengungkapkan bahwa kapal Panama yang terlibat tabrakan dengan kapal Korea mengalami kebocoran di bagian lambung sebelum insiden berlangsung.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan telah sepakat dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melanjutkan kontrak hingga 2027.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024