Rupiah Mulai Bertenaga

VIVAnews - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Selasa 10 Maret 2009 mulai bertenaga. Mata uang ini menguat tipis. Beberapa jam sebelum ditutup, rupiah bahkan sempat menyentuh 11.980-an/US$.

Pada pukul 16.30 WIB, pada data indeks mata uang Bloomberg, rupiah berada di level 12.000/US$ menguat sekitar 70 poin dibandingkan posisi penutupan akhir pekan lalu.

Sedangkan pada indeks kurs tengah mata uang asing Bank Indonesia, rupiah menyentuh angka 12.040/US$ menguat 25 poin dibandingkan akhir pekan lalu yang berada di level 12.065/US$.

Sebelumnya Frans Darwin Sinurat, dealer valas PT Bank Century Tbk, mengatakan belum tingginya permintaan dolar setelah liburan panjang kemarin menjadi katalis menguatnya mata uang lokal tersebut.

Sementara dari kalangan pasar, penguatan rupiah juga terjadi karena penjualan dolar yang dilakukan Bank Indonesia untuk menahan rupiah agar tidak jauh terpuruk.

Gubernur Bank Indonesia pada 6 Maret 2009 lalu mengatakan posisi cadangan devisa Indonesia naik menjadi US$ 53,7 miliar setelah pemerintah menjual global medium term notes senilai US$ 3 miliar. Selain itu, pemerintah juga menyepakati bilateral currency swap dengan Jepang senilai US$ 12 miliar pada Februari. Kondisi ini menciptakan sentimen positif di pasar.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024