Saldo Awal Dana Kampanye

13 Calon DPD Bali Belum Setoran

VIVAnews – Kampanye akan segera digelar, namun hingga kini masih belum para calon Dewan Perwakilan Daerah belum menyetorkan saldo awal dana kampanye. Dari 30 calon yang mewakili Bali, ada 13 orang diantaranya I Wayan Sudirta, I Gusti Ngurah Alit Kelakan, I Gusti Bagus Yudhara, dan lain-lain.

Sementara dari data yang sudah menyetorkan, dana terbanyak dimiliki Ngurah Wiratha sebesar Rp 52 juta, dan yang paling sedikit disetorkan Nyoman Mudita Rp 250 ribu. “Saya nggak tahu apa motivasi mereka tidak menyetorkan dana awal kampanye,"

Padahal, lanjut dia rekening khusus kampanye sudah disetorkan, dan logikanya kalau sudah ada rekening paling tidak dana setoran awal pembuatan rekening sudah ada, kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Bali, Dewa Wiarsa Raka Sandi.

Raka Sandi pun juga memaklumi karena tak ada UU yang mengatur tentang hal ini. Namun pada peraturan lain dicantumkan bahwa karena memberikan keterangan yang tidak benar dapat dipidana maupun kurungan maupun denda.

Hal ini dilakukan karena mengacu pada tiga hal yaitu transparansi artinya masyarakat berhak tahu dana yang dikeluarkan dan akuntabilitas yaitu dapat dipertanggungjawabkan, dan legalitas, bahwa semua dana yang dipakai merupakan dari sumbangan pribadi maupun perusahaan adalah resmi.

Laporan: Wima Saraswati | Bali

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024