BI Rate Terus Dipangkas

Bunga Deposito 1 Bulan Turun Jadi 10,5 Persen

VIVAnews - Kebijakan Bank Indonesia memangkas BI Rate atau suku bunga acuan mulai diikuti oleh penurunan suku bunga deposito pada Januari 2009.

Tinjauan kebijakan moneter BI menjelaskan penurunan suku bunga deposito itu dilakukan sejalan dengan membaiknya persepsi risiko terhadap perbankan.

BI telah beberapa kali menurunkan BI Rate secara signifikan. Posisi terakhir BI Rate saat ini adalah 7,75 persen.

Dengan penurunan bunga acuan itu, rata-rata tertimbang suku bunga deposito 1 bulan pada Januari menurun sebesar 23 basis poin. Pada Januari 2009, suku bunga deposito perbankan yang dijamin pemerintah untuk jangka waktu satu bulan rata-rata sebesar 10,52 persen.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Ini berbeda dengan posisi Desember 2008. Saat itu, suku bunga deposito penjaminan masih meningkat sebesar 35 basis poin menjadi 10,75 persen dibandingkan bulan sebelumnye sebesar 10,40 persen.

Namun, posisi di bank, rata-rata mereka memasang bunga deposito satu bulan di kisaran antara 8,7 - 9,5 persen tergantung pada negosiasi dengan nasabah.

Untuk suku bunga deposito dengan tenor lebih panjang, yaitu tenor 3,6 dan 12 bulan, masih meningkat masing-masing sebesar 18, 22 dan 25 basis poin.

Pada Februari 2009, indikator awal suku bunga deposito di seluruh tenor untuk seluruh bank mulai menunjukkan penurunan.

Penurunan terbesar terjadi pada bank asing yang mencapai 50 basis poin. Bank persero lebih lambat melakukan penurunan suku bunga deposito sebagai upaya mempertahankan deposan.

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi
Ilustrasi mata uang Jepang

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Menteri Keuangan Jepang, Shunichi Suzuki menyatakan, akan mengambil tindakan yang tepat terhadap pergerakan pasar mata uang yang berlebihan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024