Imbas Krisis Likuiditas

Suku Bunga Pinjaman Bank Swasta Mahal

VIVAnews - Tingginya bunga deposito dan bunga kredit bank swasta dibandingkan bank lain dikarenakan bank swasta harus melakukan penyesuaian akibat pengetatan likuiditas yang terjadi tahun lalu.

Menurut Direktur Ritel PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib, selain pengetatan likuditas, beberapa perusahaan BUMN memindahkan dananya ke bank BUMN. Akibatnya dana yang ada di bank swasta dan bank kecil menjadi berkurang.

"Untuk mempertahankan dananya, terpaksa bank swasta mematok suku bunga yang tinggi," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta Kamis 12 Maret 2009.

Selain itu, tidak berjalannya pinjaman inter bank membuat bank-bank yang kesulitan likuiditas terpaksa mengambil pinjaman interbank dengan suku bunga yang tinggi. Akibatnya, suku bunga deposito dan suku bunga kredit ikut terdongkrak naik.

Penyebab lainnya adalah loan to deposit ratio (LDR) yang tinggi membuat bank berjuang keras mendapatkan pendanaan. "Beberapa bank swasta LDR-nya mencapai 90 persen, dia harus mencari funding lagi," katanya.

Adanya persepsi penempatan dana di bank pemerintah lebih aman membuat likuiditas banyak tercurah di bank-bank pemerintah.

Seperti diketahui, Bank Swasta paling lambat menurunkan suku bunganya baik suku bunga deposito ataupun kredit dibanding bank yang lain.

Menurut Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia Halim Alamsyah, penurunan suku bunga kredit bank swasta kalah cepat dengan bank yang lain. Suku bunga kredit bank swasta saat ini sebesar 15,53 persen dari posisi akhir Desember 2008 sebesar 15,73 persen.

Sementara untuk suku bunga kredit bank persero, suku bunga kredit 12,72 persen, suku bunga kredit Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebesar 11,54 persen. Untuk bank asing suku bunga kredit 12,23 persen.

Suku bunga deposito bank swasta besarannya juga lebih tinggi dibanding bank lain. Suku bunga deposito bank swasta saat ini sebesar 8,98 persen atau turun dari Desember 2008 sebesar 9,25 persen.

Sementara suku bunga deposito bank persero saat ini sebesar 7,2 persen, suku bunga deposito BPD sebesar 7,89 persen, bank asing, suku bunga deposito malah paling rendah yaitu di level 6,20 persen saat ini dari 7,71 persen pada akhir 2008.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024